A Day with Blogger Muslimah Bandung


Curhat dulu dikit aah... hehe... Sebenernya bikin blog udah dari jaman tingkat awal kuliah S1 dulu, sekitar taun 2009 an lah ya (ketauan umurnya udah tua), tapi bingung mau diisi sama tulisan apa, ditambah jadwal kuliah dan praktikum padat dari mulai matahari terbit sampe tenggelam jadilah blog ini terlupakan (lebay). Nah akhir-akhir ini keinginan buat belajar nulis muncul lagi nih, mulailah tulisan apapun aku tuangkan dalam blog ini. Mulai follow banyak akun komunitas blogger di instagram, kepoin banyak kegiatan yang mereka adakan sampe pengen ikutan juga tapi yang daerah Bandung kok jarang ya (atau mungkin aku nya aja yang kurang gaul jadi jarang nemu event blogger di Bandung, haha). Sampe akhirnya baca postingannya Blogger Muslimah Indonesia yang bakal ngadain Meet Up Blogger Muslimah di Bandung hari Minggu tanggal 5 November 2017 jam 09.00-14.00 WIB. Langsung gercep ngelakuin step by step persyaratannya biar bisa ikutan acaranya. Dan... akhirnya bisa ikutan juga... Alhamdulillah...

pin Blogger Muslimah

"Membaca Dunia, Menulis Semesta"
Apa sih Blogger Muslimah Indonesia itu? Dikutip dari profil Blogger Muslimah Indonesia:

Blogger Muslimah dibentuk tanggal 1 Desember 2014 untuk menggugah para Muslimah agar terus menulis terutama di media online yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Para Muslimah juga bisa membagikan informasi di blog mereka terkait tumbuh kembang anak, dunia muslimah, karya-karya kreatif, bisnis dan sebagainya untuk bahan edukasi yang bermanfaat bagi orang banyak. Begitu banyak tulisan dan berita yang ditulis penuh kebohongan untuk membentuk opini publik, maka para Muslimah yang biasanya kritis bisa menuangkan opini berimbang melalui blog-blog mereka. Inipun termasuk edukasi bagi masyarakat agar tidak menelan mentah-mentah sebuah informasi. Dari sinilah muncul semangat untuk membentuk komunitas Blogger Muslimah yang disambut hangat para Muslimah di berbagai wilayah. Mereka yang tadinya tidak tahu apa itu blog mulai mencari tahu tentang blog, mereka yang tadinya mulai meninggalkan blog akhirnya kembali menekuni blognya. Alhamdulillah. Intinya Blogger Muslimah hanya ingin menggiring para Muslimah untuk bisa menulis di blog secara rutin dan berkualitas dengan semangat berbagi.

Kenapa harus menggunakan nama Blogger Muslimah?
Ya, nama ini juga menjadi pertimbangan founder Blogger Muslimah, Novia Syahidah Rais, di awal karena komunitas blogger yang bergenre perempuan sudah ada sebelumnya. Ini tentu bukan karena ingin tampil beda, melainkan karena masih banyak para Muslimah yang tidak melek dengan blog dan embel-embel nama Muslimah ini biasanya akan memancing rasa ingin tahu para Muslimah. Terbukti beberapa hari sejak Blogger Muslimah mulai dibentuk, banyak sekali yang bertanya baik secara langsung di postingan-postingan maupun yang menggunakan jalur pribadi. Ternyata mereka masih belum tahu apa itu blog dan merasa tertarik untuk bergabung. Menggunakan nama Blogger Muslimah tentu juga bukan untuk mengkotak-kotakkan para blogger, karena tanpa adanya Blogger Muslimah pun, komunitas blogger sudah menjamur dengan berbagai label masing-masing. Blogger Muslimah juga bersifat terbuka, menerima siapapun untuk bergabung, asalkan dia Muslimah. Boleh berjilbab atau tidak berjilbab. Bukan diskriminasi agama, namun setiap komunitas atau kelompok memiliki tujuan masing-masing, begitupun dengan Blogger Muslimah yang tujuannya memang ingin lebih memberdayakan para Muslimah di dunia blogging ini. Kurang lebih itulah alasan memilih nama Blogger Muslimah. Dari sini pula kami merangkum sebuah Visi Misi sederhana yang semoga hasilnya tak sesederhana penggalan kata-katanya:

Visi Blogger Muslimah :
Menjadi mesin penggerak para Muslimah untuk aktif menulis di media sosial (blog).
Misi Blogger Muslimah :
  • Memberdayakan para Muslimah melalui aktifitas menulis di media sosial (blog).
  • Mengajak, membantu dan memfasilitasi para Muslimah yang suka menulis untuk memiliki, mengelola dan mengembangkan media sosial (blog) mereka secara baik.
  • Menjalin rasa kebersamaan antar Muslimah dalam sebuah komunitas dengan tetap menjaga identitas mereka sebagai Muslimah.

Meet Up Blogger Muslimah ini diadakan di Warunk Twogether yang gak lain adalah tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang gak kalah kece dibanding tempat makan lainnya di Bandung. Dimulai dari desain interiornya yang kece dan instagramable bisa dipastiin kalo orang-orang yang dateng kesini selain buat makan dan nongkrong tapi juga sekaligus foto-foto, ditambah free wifi juga yang pasti bikin betah kan? Hehe... Dan aku baru tau kalo lokasi Warunk Twogether ini deket sama toko buku Palasari, berarti ntar kapan-kapan kalo abis dari Palasari wajib kudu harus mampir dulu ke Warunk Twogether.

warunk twogether lt.2

Alamat Warunk Twogether :
Jl. Lodaya No. 63 Rt. 005 Rw. 009 Malabar, Lengkong Bandung
(022) 73514551
08121197376
pathtwogether@gmail.com
http://warunk-twogether.com



Aku datang paling pertama ke acara ini, niatnya biar gak kejebak macet aja sih... soalnya Bandung jaman now siangan dikit langsung macet parah ya... haha... Acaranya diadakan di lantai 2. Gak lama setelah aku datang, ada Teh Amy, Teh Laras, Risky, dan satu persatu peserta lainnya mulai berdatangan. Semua peserta Meet Up Blogger Muslimah ini pake gamis kece dari Seply yang merupakan sponsor acara kali ini. Gamis Seply ini cantik banget, mulai dari desainnya, motifnya, kainnya, dan... dan... dan... penasaran sama gamis Seply yang ini? Nanti aku bakal bahas lebih detail ditulisanku berikutnya ya.


fokus ke gamis seply yaa jangan ke pipi aku yang terus ngembang

Acara dibuka oleh Teh Amy sebagai MC, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Founder Blogger Muslimah Indonesia yaitu Mbak Novia Syahidah Rais. Sebenernya waktu denger nama Mbak Novia Syahidah kok kayak udah familiar gitu ya ditelingaku, apa ini beneran Mbak Novia Syahidah yang cerita-cerita fiksinya sering aku baca di majalah-majalah pas aku abegeh dulu ya? Dan... ternyata bener. Seneng banget ternyata aku bisa ketemu langsung sama Mbak Novia Syahidah. Sukses terus ya Mbak Novia...

sambutan dari mbak novia syahidah

Kemudian ada Mbak Willi Yulianti dari JD.ID. JD.ID menjadi salah satu sponsor Meet Up Blogger Muslimah kali ini. Ternyata, JD.ID punya program yang namanya JD.partner yang bisa jadi pasive income. Penasaran apa itu JD.partner? mending ikutan training bareng JD.ID deh. Atau kita bisa ngadain acara training dengan ngundang minimal 30 orang.

mbak willi yulianti dari jd.id

Gak kerasa udah tiba waktunya shalat dzuhur. Setelah shalat dzuhur dilanjutkan makan siang yang menunya udah disediain sama Warunk Twogether. 


Keseruan meet up ini belum berakhir, acara dilanjutkan dengan make up tutorial dari Jafra, siapa sih yang gak tau Jafra? Semua orang pasti udah tau sama satu brand kosmetika ini. Ternyata produk Jafra udah lengkap banget mulai dari produk skin care sampe make up ada. Aku yang awalnya cuma tau kalo Jafra itu produk skin care aja, setelah ikut meet up ini jadi tau kalo produk Jafra lengkap banget.

tutorial make up by jafra
produk jafra

Kemudian ada juga hijab tutorial dari Ethica. Hijab-hijab yang digunakan adalah hijab instant produk Ethica yang khusus dirancang oleh tim Ethica. Jangan dibayangkan kalo hijab instant disini adalah hijab instant yang desainnya biasa aja. Justru hijab instant dari Ethica ini desain-desainnya kekinian banget ditambah dengan bahan yang digunakan nyaman banget jadi bikin si pemakainya tetep fashionable dalam waktu yang sangat singkat karena gak usah pake jarum sana sini. Hijab instant ini cocok banget dipakai ke berbagai acara, misalnya ke kampus, kantor, hang out, travelling, bahkan ke pesta juga masih cocok sih menurutku. Wajib banget nih punya produk hijab instantnya Ethica ini. Oh ya buat yang suka pake hijab syar’i jangan khawatir karena Ethica menghadirkan juga hijab instant yang lebih panjang.

tutorial hijab by ethica

Aku seneng banget bisa jadi bagian dari acara Meet Up Blogger Muslimah Bandung ini. Aku bisa ketemu banyak banget blogger muslimah, nambah kenalan, nambah temen baru, nambah wawasan juga. Trus seneng banget dong ketemu Mbak Novia Syahidah sebagai Founder Blogger Muslimah Indonesia, yang kalo dulu aku cuma tau namanya dan karyanya di majalah aja.

ketemu temen-temen baru.. ada teh laras, risky, dan teh linda

Meet Up ini berjalan santai dan menyenangkan. Antara panitia dan peserta bisa sangat membaur ditambah karena kita semua pake gamis yang sama dari Seply, jadinya bener-bener bisa lebih membaur aja gak ada gap sama sekali.

Selain hujan mengguyur Kota Bandung diluar sana, hujan doorprize juga hadir sepanjang acara ini berlangsung. Terakhir sebelum pulang, ada Goody Bag yang isinya Tote Bag kece dari My White Bag, tumblr, dan voucher perawatan dari Moz5 Salon. Tote bag dan tumblr ini kok seakan mengingatkanku pada niatku untuk go green dan zero waste tapi prakteknya masih timbul tenggelam ya? Hmm... ternyata hikmah dari ikutan meet up ini banyak banget ya, ada hal-hal yang sebelumnya gak terpikirkan olehku sekarang jadi lebih aku pikirkan.

goody bagnya ada tote bag, tumblr, dan voucher perawatan

Tote bag dari My White Bag ini meskipun tote bag tapi muat banyak banget, ditambah jahitannya yang rapi dan kuat bikin tote bag ini bukan sekedar tote bag biasa. Di bagian depan tote bag nya ada quote, seneng banget kalo punya barang yang ada quotenya.
“Muslim Women Are The Diamonds Of Islam. Nobody Will Reveal Their Diamonds To Strangers”

Trus ada voucher free foot treatment dan cashback senilai Rp 25.000 dari Moz5 Salon. Moz5 Salon adalah brand salon muslimah terbesar di Indonesia yang punya 25 outlet di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Di Bandung sendiri ada 3 outlet, yaitu di MTC Soekarno Hatta, Dago, dan Turangga. Jenis perawatan yang disediakan juga lengkap banget mulai dari perawatan rambut, wajah, tubuh, menipedi, dan refleksi. Jadi buat para muslimah yang pengen perawatan tapi masih bingung harus perawatan dimana, dateng aja ke Moz5 Salon.

Terakhir, Blogger Muslimah Indonesia dan semua sponsor yang mendukung acara kali ini keren bangettt. Semoga dilain waktu kita bisa Meet Up lagi yaa.

Komentar

  1. Duh, kalau teteh mengklaim dah tua, saya apa judulnya? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh maaf teh aku baru balas sekarang,, hehehe... duh kalo ngomongin umur ya... wkwkwk.. yang penting berjiwa muda lah ya... hehehe...

      Hapus
  2. Halo Rani, baru mampir nih di blognya. Ternyata pembaca lama ya cerpen-cerpen saya hehe. Senang bertemu dan semoga ketemu lagi nanti di Meet Up berikutnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga mba novia.. maaf banget aku baru balas sekarang... hehehe... iya nih dulu sering banget baca cerpen-cerpennya mba... moga bisa ketemu di meet up berikutnya.. aamiin...

      Hapus
  3. Haduh, apa kabar aku, udah sepuh kepala 4 gini, lah ko bahas umur sih. Berapa pun usia kita yang penting mari menulis, tetep istiqomah itu yang sulit hahaha *ngeblog moody. Salam kenal Teh Rani

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah ada mbak nchie cantik mampir di blog aku.. senengnya... iya mbak mari menulis walau banyak godaannya... hehehe... salam kenal juga mbak... maaf aku baru balas sekarang...

      Hapus
  4. Salam kenal tth... Alhamdulillah saya jg seneng banget bisa turut hadir di acara meet up ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga teh zahra... iya mudah-mudahan kita bisa ketemu lagi di meet up selanjutnya yaa.. aamiin... maaf aku baru balas sekarang...

      Hapus

Posting Komentar