Pengalaman Membuat Rekening BCA Tahapan Xpresi



Setelah sekian lama mempertimbangkan bikin rekening tabungan baru lagi atau cukup menggunakan rekening tabungan yang udah ada aja, akhirnya bulan Juli lalu aku memantapkan diri untuk menambah satu rekening tabungan lagi. Aku membuat rekening tabungan BCA Tahapan Xpresi dengan pertimbangan transaksi yang aku lakukan selama ini dan kedepannya memang membutuhkan rekening dari bank ini (sebelumnya aku udah punya rekening tabungan BCA Tabunganku, tapi fasilitasnya masih sangat terbatas). Pertimbangan lainnya yaitu rekening tabungan BCA Tahapan Xpresi ini biayanya sangat terjangkau baik saat akan membuka rekening baru maupun biaya administrasi bulanannya, padahal fasilitasnya hampir sama dengan rekening tabungan BCA Tahapan lainnya yang biayanya jauh lebih mahal.

Kamis pagi akhir bulan Juli aku mendatangi Bank BCA yang letaknya cukup dekat dengan tempatku bekerja. Bank BCA yang aku datangi merupakan kantor cabang pembantu sehingga luasnya nggak terlalu besar seperti kantor cabang utama. Tepat pukul 07.50 WIB aku udah nongkrong dong depan banknya yang udah pasti kalo jam segitu belum buka. Begitu pukul 08.00 WIB saat bank dibuka, aku langsung menuju customer service dan menjelaskan tujuanku untuk membuat rekening BCA Tahapan Xpresi.

Nggak perlu nunggu lama proses pembuatan rekening baru pun dimulai. Mbak customer service menjelaskan terlebih dahulu mengenai fasilitas rekening tabungan BCA Tahapan Xpresi. Sebenernya aku udah baca-baca dari websitenya BCA sih, tapi aku pengen dijelasin ulang kali aja ada informasi terbaru yang belum diupdate diwebsitenya kan, hehe.

Kurang lebih penjelasannya seperti ini :
  • Setoran awal ringan hanya Rp 50.000 (sudah termasuk biaya kartu debit/atm Rp 25.000)
  • Setoran minimum selanjutnya Rp 50.000
  • Saldo minimum ditahan Rp 10.000
  • Biaya administrasi bulanan Rp 5.000
  • Biaya penutupan rekening Rp 5.000
  • Transaksi dimesin ATM tidak dikenakan biaya alias gratis
  • Transaksi di Teller dikenakan biaya administrasi Rp 15.000/transaksi (jadi kalo menurutku sih mending transaksi dimesin ATM atau e-banking aja biar gratis, soalnya kalo di Teller lumayan biaya administrasinya, hehe)
  • Tanpa buku tabungan sehingga cek saldo, mutasi atau transaksi menggunakan e-banking BCA (kalo nggak salah kita juga bisa minta print rekening koran juga, tapi ada biaya administrasinya, dulu aku pernah baca kalo nggak salah Rp 2.500/lembar atau berapa gitu lupa, gatau kalo sekarang)
  • Memiliki banyak pilihan desain kartu

Syarat untuk membuka rekening tabungan BCA Tahapan Xpresi ini :
  • Tidak ada batasan usia
  • Mengisi formulir pembukaan rekening dan kelengkapan dokumen (bisa isi formulir secara online juga ternyata)
  • Usia diatas 17 tahun cukup menyertakan kartu identitas diri dan NPWP (jika ada)

Karena sebelumnya aku udah punya rekening BCA, jadi aku nggak perlu isi formulir ulang lagi. Cukup cocokin dataku yang tersimpan di Bank BCA aja dan informasiin kepada customer servicenya barangkali ada data kita yang berubah, misalnya pindah bekerja atau ganti nomor handphone. Tibalah waktunya aku memilih desain untuk kartu debit/atm ku. Walau sebelumnya aku udah lihat-lihat desainnya diwebsite BCA, tetep aja waktu disana aku bingung karena saking banyaknya desain yang tersedia. Tapi akhirnya aku memilih desain kartu bergambar handphone, kamera, dompet, notes, headset, dan lain-lain. Rasanya desainnya aku banget karena barang-barang yang ada digambar tersebut adalah gambar yang selalu ada di dalam tasku, haha.

desain kartu ATM yang aku pilih seperti ini (source: bca.co.id)

FYI, kalo dulu desain kartu debit/atm BCA Tahapan Xpresi hanya yang tersedia secara fisik di bank yang bersangkutan serta nama dan nomor rekening yang hanya ditulis dibelakang kartu debit, sekarang kita bisa bebas memilih desain kartu yang kita inginkan karena kartu yang tersedia secara fisik masih putih polos. Jadi setelah kita memilih desain kartu yang kita inginkan, baru deh kartunya dicetak nggak hanya gambar aja tapi juga beserta nama dan nomor rekening milik kita.

Oh ya, ada kejadian diluar dugaan saat aku membuat rekening tabungan tersebut. Waktu kartu debit/atm ku mau diprint, ternyata printernya error hingga aku harus balik lagi ke bank tersebut keesokan harinya untuk mencetak desain kartu debit/atm ku haha. Aku nggak terlalu masalah sih karena letak banknya searah dengan tempatku bekerja saat berangkat, dan aku juga jadi bisa foto before-after kartunya. Oh ya, untuk e-banking juga kita bisa mengaktifkan sendiri dengan syarat nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar berada di SIM 1 dan jaringan internet lancar jaya. Aku sendiri belum mengaktifkan e-bankingnya sih, sengaja biar nggak kalap belanja online, hahaha.

kartu ATM polos yang belum dicetak desainnya

Setelah aku bikin rekening tabungan baru, sedikit demi sedikit aku bisa mengatur keuangan lebih jelas lagi. Tanpa bermaksud sombong nih, aku bisa pisahin rekening buat keperluan sehari-hari, tabungan dari gajiku, dan penghasilan dari hobiku, hehehe. Semoga kedepannya aku makin bisa nabung yang rajin deh yaaa.

Komentar

  1. Hai!
    Informatif banget tulisan ini. Saya juga lagi pertimbangin buat buka tahapan xpresi ini, dengan alasan yg mungkin aneh: kartu debit tahapan BCA biasa yang sekarang desainnya nggak banget menurut saya (kek kartu ATM tahun 2000an hehe). Dan setelah liat gambar beforenya yg polos gitu aja, apa bisa kita minta nggak perlu di print?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga.. hehe iya sih kalo desain kartu debit tahapan BCA biasa mungkin memang sudah standarnya seperti itu ya, sementara kartu debit tahapan BCA Xpresi memang didesain lebih menarik sesuai keinginan kita. Kayaknya bisa deh kita minta kartu debit yang putih polosnya aja, soalnya waktu itu kata customer servicenya kartu debit tersebut memang sudah bisa digunakan, nomor rekening kita juga tetap ditulis dibelakang kartunya sih.. semoga membantu ya..

      Hapus
  2. BCA sekarang makin inovatif ya, pelayanannya juga makin bagus. Bisa nggak ya kartu ATM dari rekening BCA Tahapan lain ditukar dengan ATM Tahapan Xpresi? Naksir banget sama kartu ATMnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya bener mbak, pelayanannya juga makin bagus.. kalo beda jenis tabungan kayanya nggak bisa ditukar ke Tahapan Xpresi deh mbak, paling buka rekening baru hehehe

      Hapus
  3. Suka sama desain ya. Antimainstream dengan kartu ATM bank mainnya yaa. Biaya adminnya juga Masih terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mbak, desain kartu ATM dan biaya adminnya juga yang bikin aku tertarik buka rekening Tahapan Xpresi ini

      Hapus
  4. Transaksi di teller kena biaya itu apakah termasuk juga untuk transfer ke rekening sendiri kak? soalnya daku kebiasaan kalau transfer ke rekening sendiri demennya lewat teller 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh aku lupa nggak sampe nanya kesitu mbak, tapi kayaknya sih iya termasuk setor ke rekening sendiri juga.. mungkin bisa dicoba di mesin ATM yang ada fasilitas setor tunai aja mbak biar nggak kena biaya admin, nggak ngantri, dan bisa kapan aja, hehe..

      Hapus
  5. Wah jadi pengen ganti BCA Xpresi.. murah biaya admin dan kartu ATM nya bisa mesen sesuai selera.. duh jadi pengen ganti ke BCA Xpresi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak gantiii.. atau bikin rekening baru aja, ehehehe

      Hapus
  6. Alhamdulillah, sekarang makin mudah ya bikin tabungan di BCA. Aku sejak lulus SMA sudah pakai BCA nih sekitar dari tahun 2009. Berarti udah sekitar 10 tahunan jadi nasabah BCA. Walaupun ada banyak tawaran dari Bank lain, tapi masih setiap sama BCA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren banget mbak, tahun 2009 aku masih cuek-cuek deh sama bank ini, hehe.. pas udah kerja baru deh bikin rekening BCA

      Hapus
  7. Keren banget ya BCA sekarang udah bisa pilih desain kartu sendiri. Aku dulu sempat punya kartu ATM BCA tapi kelamaan nggak diisi, jadi auto diblokir deh..

    BalasHapus
  8. Informatif banget nih mbak tulisannya.
    Tapi aku belum ada feeling ke BCA sih, beberapa temenku juga pernah curhat ke aku kalo ngurusnya lumayan ribet😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sama mbak beberapa temenku ada juga yang bilang gitu, terutama kalo bikin rekeningnya di bank yang wilayahnya beda sama tempat tinggal kita, tapi waktu aku cobain alhamdulillah lancar (aku tinggal di kabupaten sumedang sementara aku bikin rekeningnya di kota bandung), cuma bawa KTP sama KK aja..

      Hapus
  9. Kartu ATM nya gemes banget, bisa dipilih-pilih sesuai selera. Saldo minimum ditahannya juga sedikit, cuma 10 ribu, bank lain 50 ribu.

    BalasHapus
  10. Tahapan BCA-ku udah lama enggak dipakai jadinya 'mati', lama-lama terasa sih perlunya punya rekening BCA walaupun layanan transfer antarbank tanpa biaya dengan jasa pihak ketiga juga sudah banyak, tapi kalau sebagai penerima kan enggak bisa mengatur pengirim, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya betul mbak, itu juga yang jadi salah satu alasanku buka rekening tahapan xpresi ini..

      Hapus
  11. Aku juga punya tabungan di BCA sejak masih gadis mbak, tapi msh bingung kalau BCA Xpresi ini kelebihannya di mana ya? Apa digital atau gmn tapi kalau mau buka tabungan msh butuh ke kantornya ya ternyata?
    haha bener tu inet banking kdng suka bikin boncos :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang aku tau sih BCA Xpresi ini kelebihannya memang lebih ke digital mbak, desain kartu atmnya menyasar anak muda sih karena desainnya unik-unik, sama kalo aku baca diwebsitenya BCA Xpresi ini kerjasama sama beberapa merchant untuk dapet berbagai diskon menarik. nah kalo buka rekening baru masih harus ke banknya sih, hehehe

      Hapus
  12. Ih iya kok jadi pengen pindah ke Xpresi, hihihi...ini bisa langsung pindah real time kah? no reknya berubah apa engga?
    Iya bener sebel liat debit BCA yg skrg desainnya jadul bener ngga fancy ahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pindah jenis rekening tabungan misal dari BCA tahapan biasa ke tahapan Xpresi kayaknya nggak bisa mbak. kalo aku ini bikin rekening tabungan baru yang jenis Xpresi, rekening yang dulu BCA Tabunganku, jd aku punya 2 rekening BCA, gitu sih mbak, hehe..

      Hapus
  13. Iya bener, kemaren aku baru aja dari bank buat print mutasi kan, emang biayanya 2500 per lembarnya hehe.. BCA nih bank favoritku banget. Sempet ganti2 kapan itu tapi akhirnya yang paling cocok ya BCA ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih info updatenya mbak, berarti print mutasi masih 2500 ya, aku inget-inget lupa dan takut udah naik biayanya, hehe.. oh ya sama mbak, aku juga akhirnya cocoknya sama BCA, apalagi urusan kerjaan pake BCA semua..

      Hapus
  14. BCA Xpresi ini bisa buat anak TK atau SD ga sih mbak? BCA kayanya ga ada ya produk yang khusus anak. Aku cari sih biar buat autodebet jadi lebih enak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya bisa untuk anak juga mbak, diwebsitenya ada syarat pendaftaran buat yang dibawah 17 tahun juga kok, atau ada juga BCA Tabunganku yang bisa buat anak juga..

      Hapus
  15. eleuh murah yah sekarang buka tabungan BCA Xpresi dulu mah aku bikin setoran awal 500ribu wkwkwk bagus juga ya sekarang bisa milih desain kartunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang BCA Tahapan silver memang lebih mahal ya mbak biaya buka rekeningnya, biaya administrasinya juga lebih mahal, jadinya aku pilih BCA Xpresi, hehe.. tapi kembali ke kebutuhan masing-masing juga sih ya mbak..

      Hapus
  16. Aku punya tabungan bca yang tahapan dari masih kuliah dulu. Klo xpresi sama tahapan apa ya perbedaannya? Lebih menguntungkan yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nasabah lama dong mbak, hehe.. tahapan xpresi sama tahapan biasa kayaknya beda sasaran nasabahnya mungkin ya mbak, yg xpresi lebih menyasar ke anak-anak muda, kalo soal lebih menguntungkan mana, masing2 jenis tabungan punya kelebihan sendiri juga sih, hehee

      Hapus

Posting Komentar