Cara Penularan Virus Corona yang Sering Terjadi dan Tidak Disadari

pict : shutterstock

Adanya pandemi virus penyebab Covid-19 terus saja membuat gelagat resah masyarakat Indonesia. Untuk proses maupun model penyebaran yang tidak mudah dalam terdeteksi karena perlu dilakukan cek virus corona, menjadi atensi khusus. WHO serta pmerintah pusat maupun daerah sendiri telah menyampaikan berbagai imbauan sebagai antisipasi penyebaran virus corona Covid-19 tersebut. Himbauan yang telah dianjurkan karena banyaknya faktor penyebab masifnya penularan  Covid-19 ini yang terjadi dari manusia ke manusia yang sering dengan tidak sengaja dilakukan.

Berikut ini beberapa cara penularan virus corona Covid-19 sebelum akhirnya seseorang melakukan cek virus corona ialah sebagai berikut:

1. Melakukan kontak dengan benda dalam kategori sering tersentuh

Benda-benda atau alat merupakan merupakan media yang bisa menjadi cara penularan yang masif. Berdasarkan beberapa penelitian virus corona COVID-19 dapat bertahan hidup hingga tiga hari saat menempel pada permukaan benda.

Benda-benda tersebut kemudian diperkirakan oleh para ahli sebagai benda yang sering terjamah oleh anggota tubuh seperti tangan yang membawa virus  covid-19. Karena proses menempelnya virus tersebut di permukaan benda yang sering tersentuh sehingga, otomatis virus tersebut dapat berpindah yang mendapatkan inang baru apabila orang lain menyentuh benda tersebut.

2. Tidak menjaga kebersihan tangan pada setiap individu

Cara lain yang efektif sebagai media penularan virus COVID-19 ialah dengan tidak menjaga kebersihan tangan. Telah diketahui serta terbukti bahwa menurut penelitian medis bahwa tangan merupakan sumber dari berbagai penyakit.

Sebab, hal ini disebabkan organ atau bagian tubuh seperti tangan ialah anggota tubuh yang paling banyak melakukan aktivitas dan melakukan interaksi dengan orang lain atau benda-benda yang ada di sekitar. Akibat tangan yang tidak terjaga kebersihannya maka penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat dengan mudah menyebar sehingga cek virus corona semakin menjadi penting untuk dilakukan.

Manusia yang kemudian selalu berinteraksi dengan dunia luar menggunakan tangannya. Apabila individu menjaga selalu kebersihan tangan supaya tangan Anda tidak menjadi salah satu media atau carier dari penularan virus corona COVID-19. Cuci tangan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan sabun ataupun gunakan hand sanitizer sebelum dan setelah makan, sebelum dan sesudah buang air kecil, dan sesudah beraktifitas.

3. Setelah bepergian tidak membersihkan diri 

Melalui berbagai aktivitas maka itu merupakan suatu hal yang wajar yang biasanya sering dilakukan oleh manusia. Yang tidak banyak dimengerti ialah penularan virus corona COVID-19 secara tidak sadar sering dilakukan oleh orang yang melakukan aktivitas di tempat tertentu.

Sayangnya pada tempat-tempat tersebut terdapat virus corona COVID-19 yang menjadikan virus tersebut menempel di pakaian dan benda yang Anda gunakan. Virus corona atau COVID-19 pun akhirnya  dapat menular kepada dan terjadi orang-orang terdekat Anda di rumah.

Dalam melakukan pencegahan terhadap hal tersebut maka Anda diharapkan untuk selalu jaga kebersihan diri setelah bepergian. Jangan lupa pula untuk mencuci baju dan bersihkan tubuh hingga kering setelah bepergian.

4. Tidak menerapkan langkah batuk bersin yang tepat

Cara yang paling mudah serta banyak menjadi media penularan virus corona COVID-19 ialah penularan melalui droplets. Droplets merupakan sejenis partikel cairan ketika seseorang meninggalkan cairan ketika bersin, batuk, ataupun berbicara di lantai.

Cairan droplets ini kemudian berisi virus, kuman, dan bakteri kemudian dapat menempel pada benda-benda yang dibawa oleh orang lain. Sehingga, virus corona COVID-19 pun memperoleh inang baru yang terdapat orang lain. Oleh sebab itu, penting dan menjadi kewajiban setiap individu di tengah pandemi virus corona COVID-19 dalam berkomitmen menerapkan etika batuk dan bersin dengan baik karena jika tidak kebijakan untuk cek virus corona semakin bertambah banyak kasusnya oleh karena penyebarannya yang semakin meluas.

Etika batuk dan bersin yang dapat dan dilaksanakan secara rutin yaitu melalui kegiatan menutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam atau tisu bersih. 

Komentar