Jumat, 11 September 2020

8 Cara Mudah Mengatasi Demam

sumber : halodoc

Rasanya semua orang di dunia ini pernah mengalami demam. Biasanya demam lebih sering terjadi pada anak-anak, tapi orang dewasa pun nggak jarang mengalaminya juga. Sebenarnya demam bukan penyakit, demam merupakan peningkatan suhu tubuh diatas 38°C sebagai bentuk reaksi sistem imun terhadap infeksi, penyakit, atau kondisi lainnya. Demam kerap dianggap sepele jika terjadi pada kita orang dewasa, tapi nggak bisa dipungkiri demam cukup mengganggu aktivitas kita.

Berikut ada beberapa cara mudah untuk mengatasi demam :

1. Istirahat yang Cukup
Langkah pertama yang bisa kita lakukan jika mengalami demam adalah dengan beristirahat yang cukup. Jika demam yang kita alami cukup ringan, maka demam akan sembuh dengan sendirinya hanya dengan beristirahat yang cukup saja.

2. Kompres Air Hangat
Demam juga bisa diatasi dengan kompres air hangat. Yups, air hangat ya bukan air dingin atau bahkan air panas, hehe. Kompres air hangat dapat memicu keluarnya keringat sehingga suhu tubuh akan menurun secara alami.

3. Mandi/Seka Air Hangat
Meski sedang demam, menjaga kebersihan tubuh tetaplah penting. Namun saat demam dianjurkan mandi atau seka menggunakan air hangat saja. Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara alami.

4.Gunakan Pakaian Berbahan Ringan
Ketika demam dianjurkan menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman seperti katun untuk mempermudah keluarnya panas dari dalam tubuh. Hindari menggunakan pakaian atau selimut yang terlalu tebal. 

5. Berada di Ruangan yang Nyaman
Ternyata, suhu ruangan yang kita tinggali juga berpengaruh terhadap penyembuhan demam. Usahakan berada di ruangan yang nyaman dan sesuai dengan suhu tubuh kita agar tubuh tidak menggigil atau kepanasan. Dengan berada di ruangan yang nyaman dapat membantu kita untuk beristirahat dengan nyaman pula.

6. Perbanyak Minum Air Putih
Banyak minum air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain praktis dan mudah didapat, dengan banyak minum air putih terutama air putih hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

7. Konsumsi Buah-buahan
Mengkonsumsi buah-buahan terutama buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka dan jeruk juga dapat membantu mempercepat penyembuhan ketika demam. Namun yang harus diingat, pilihlah buah-buahan segar bukan buah-buahan yang telah diawetkan.

8. Minum Obat Penurun Panas
Meski demam bisa sembuh dengan sendirinya, tapi nggak bisa dipungkiri kalo demam memang mengganggu kenyamanan saat beraktivitas baik pada anak-anak maupun kita orang dewasa. Jika dirasa perlu, sah-sah saja kok minum obat penurun panas agar demam bisa lebih cepat sembuh. Namun dengan catatan, pilihlah obat penurun panas yang telah dianjurkan dokter. Aku biasa membeli obat penurun panas di apotek, atau disaat pandemi seperti sekarang ini membeli obat penurun panas secara online juga sangat direkomendasikan. Pastikan untuk membeli obat di website atau aplikasi terpercaya misalnya di aplikasi Halodoc.

Halodoc merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan. Melalui Halodoc, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium secara online. Ada banyak jenis obat penurun panas di aplikasi Halodoc, pastikan untuk membeli obat penurun panas yang sesuai bagi anak-anak ataupun orang dewasa ya.

Pada beberapa kondisi, suhu tubuh saat demam bisa lebih tinggi dari 38°C, ada juga yang mengalami demam dengan rentang waktu yang lebih lama, atau bahkan disertai dengan gejala lainnya. Maka jika mengalami kondisi seperti demikian, lebih baik tetap konsultasi dengan dokter agar kita benar-benar tau apa penyebab demam pada tubuh kita.

Rabu, 02 September 2020

Berkunjung ke Klinik Mutiara Cikutra : Klinik Senyaman Rumah, Seramah Keluarga


"Aku lebih nyaman berobat di Klinik A, soalnya dokternya ramah-ramah"
"Kalo aku sih justru lebih nyaman di Klinik B, soalnya fasilitasnya lengkap"
"Berobat di Klinik C, pelayanannya bagus dan harganya juga terjangkau"

Pernah dengar kalimat-kalimat diatas? Atau justru kita sendiri yang pernah mengucapkan kalimat-kalimat tersebut? Ketika berobat memang sudah lumrah seseorang mempertimbangkan poin-poin diatas demi kenyamanannya.

Ngomongin tentang klinik, beberapa waktu lalu aku sempat berkunjung ke salah satu klinik di Bandung, yaitu Klinik Mutiara Cikutra. Beruntung juga saat berkunjung aku diberi kesempatan untuk berkeliling dan mengenal lebih banyak mengenai klinik tersebut.

Klinik Mutiara Cikutra didirikan pada tanggal 1 Juni 2006 dengan nama Klinik Bina Insan Sehat, kemudian pada bulan Juni 2010 berganti nama menjadi Klinik Mutiara Cikutra. Klinik yang buka 24 jam ini berlokasi di Jl. Cikutra No.115 A-C Kota Bandung. Menurutku, dari luar klinik ini tampak kecil tapi ketika masuk ke dalam ternyata klinik ini terhitung luas. Lokasinya yang berada tepat di perempatan Cikutra sangat dekat dengan gedung BPJS Kesehatan, Universitas Widyatama, bahkan pasar cikutra. Jadi nggak akan kesasar kalo mau nyari lokasi Klinik Mutiara Cikutra ini.

Saat aku berkunjung kesana beberapa waktu lalu, dibagian depan para pengunjung disambut oleh petugas yang mengecek suhu tubuh karena saat ini masih masa pandemi, petugas juga membantu mengarahkan keperluan para pengunjung. Lupa bawa hand sanitizer atau mau cuci tangan aja? Di Klinik Mutiara Cikutra tersedia dong jadi jangan khawatir ya. 

pengecekan suhu oleh petugas

meja resepsionis

instalasi farmasi dan apotek

lahan parkirnya juga cukup luas

Masuk ke bagian dalam Klinik, di lantai satu terdapat meja resepsionis yang berdampingan dengan apotek Klinik, jadi nggak akan cape harus kesana kemari buat ngurusin pendaftaran atau beli obat ya, hehehe. Tepat di belakang meja resepsionis ada ruangan dokter umum, yang berseberangan dengan ruang laboratorium. Dimasa pandemi ini, Klinik Mutiara Cikutra memberlakukan pemisahan ruang tunggu bagi pasien sakit dan para pengantar.

pintu ruang laboratorium



ruang tunggu pasien

ruang call center

Naik ke lantai dua terdapat ruang bersalin dengan fasilitas kamar yang lengkap. Oh ya, Klinik Mutiara Cikutra ini terkenal dengan pelayanannya yang seperti hotel lho. Fasilitas dan pelayanannya dibuat sedemikian rupa demi kenyamanan pasien. Disini tersedia sistem kamar rawat gabung antara ibu dan anak, ada juga paket menginap selama 2 hari 2 malam dengan harga terjangkau. Ditambah lagi, ada fasilitas Baby Photo Session, Terapi Relaksasi, makanan restoran, drop ambulance, konsultasi laktasi, dan lain-lain. Khusus lantai dua ini bisa juga diakses langsung dari arah luar, jadi nggak harus melewati lantai satu dulu.

kamar rawat kelas VIP

kamar rawat kelas VIP

kamar rawat kelas VIP

kamar rawat kelas 2

ruang mandi bayi

jajaran kamar rawat kelas 3

Aku kira Klinik Mutiara Cikutra ini hanya terdiri dari dua lantai, ternyata ada tiga lantai. Hmm.. Lengkap banget ya! Naik ke lantai tiga, disini terdapat lebih banyak ruangan seperti poli anak, poli gigi, ruang khitan, dermacenter, ruang yoga, bahkan terdapat laboratorium juga walau tidak selengkap laboratorium di lantai satu. Nggak lupa ada ruang tunggu yang nyaman banget, plus ada mushola juga.


ruang tunggu lantai 3


Poli anak

Di lantai tiga, aku sempat berbincang sedikit dengan dokter di poli gigi. Mulai September ini poli gigi kembali dibuka tapi masih step by step launchingnya. Pengaktifannya kembali tentu dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan kan seperti para dokter dan petugasnya wajib menggunakan APD level 2 serta mengikuti standar PDGI dan WHO. Kemudian di ruang poli gigi ini terdapat ventilasi dan suction extra oral juga.

Poli gigi

Ternyata, Klinik Mutiara Cikutra ini memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap, selain yang aku sebutkan diatas, ada juga fasilitas seperti vaksinasi khusus (meningitis, HBSAG, influenza), dokter spesialis penyakit dalam, instalasi farmasi, ambulance, inhouse klinik, mobile dokter, serta dokter spesialis kandungan wanita demi kenyamanan sang ibu ketika masa kehamilan. Oh ya, pelayanan USG nya juga sudah USG 4G lho. Selain fasilitasnya yang lengkap, seluruh staf yang bertugas pun ramah banget. Sesuai dengan tagline nya, "Klinik Senyaman Rumah, Seramah Keluarga".

ruang yoga

dermacenter

Laboratorium

ruang khitan

Gimana dari segi harga? Hampir seluruh pelayanan di Klinik Mutiara Cikutra harganya terjangkau kok. Misalnya untuk USG hanya berkisar sekitar Rp 265.000 aja, sementara untuk khitan berkisar sekitar Rp 1.250.000. Yups ini tahun 2020 lho, harga pelayanan di Klinik Mutiara Cikutra masih seterjangkau itu.





Oh ya, uniknya ternyata ada juga grup WA bagi pasien bersalin untuk sharing mengenai informasi terbaru dari Klinik Mutiara Cikutra. Atau kita juga bisa mengunjungi website dan akun media sosial Klinik Mutiara Cikutra berikut ini.

Facebook : Klinik Mutiara Cikutra
Instagram : @mutiaracikutra
Channel Youtube : Klinik Utama Mutiara Cikutra
Telepon : 022 7216058

Caraku Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim Mulai dari Hal Sederhana dalam Keseharianku

Waktu jaman SD dulu tiap memasuki sekitar Bulan September udah bisa dipastiin kalo saat itu musim hujan dimulai. Sampe inget banget perkataa...