Cara Membuat Kroket yang Enak

id.pikbest.com

Kroket adalah salah satu cemilan yang enak saat makan siang hari atau malam malam. Kroket ini banyak disukai oleh orang Indonesia karena tersedia dalam berbagai varian dan isi. Bahan kulit kroket bisa dibuat dari apa saja dan anda bisa bereksplorasi. Selanjutnya untuk isian kroket ini bisa beragam sekali dan tidak harus itu-itu saja. Jadi mudah sekali membuat kroket ini. Nah anda tinggal tahu bagaimana bahan yang tepat untuk membuat kroket ini. Berikut beberapa cara membuat kroket yang berbeda-beda.

1. Kroket Kentang Isi Daging Sapi

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kroket kentang isi daging sapi ini adalah dengan menyiapkan kentang 1 kg, daun bawang, daging sapi cincang 250 gram, wortel 1 buah, mentega, bawang putih 4 siung, garam, masako sapi, pala bubuk, merica bubuk. Siapkan juga telur ayam 3 butir, tepung roti dan tepung terigu sedikit saja.

Hal pertama yang dilakukan dalam membuat kroket kentang ini adalah dengan mengupas kentangnya dahulu. Lalu kukus atau rebus kentangnya hingga empuk. Selanjutnya tumbuk kentang dengan diberikan merica bubuk, pala dan garam sedikit saja. Selanjutnya ditumbuk hingga halus semuanya. Sekarang kita buat isi kroketnya. Caranya dengan mengiris bawang putih hingga halus. Setelah itu wortel dipotong dadu kecil-kecil. Kemudian panaskan mentega di wajan, masukkan bawang putih. Tumis hingga wangi dan masukkan daging cincangnya. Setelah itu masukkan wortel dan daun bawangnya. Tumis hingga matang semuanya. Jangan lupa berikan merica, garam dan pala bubuknya. Setelah itu anda ambil kentang tadi dan pipihkan, isi dengan tumisan daging cincang. Bentuk menjadi bulat dan cemplungkan ke dalam telur ayam putihnya saja. Masukkan pada tepung roti dan goreng hingga kecoklatan.

2. Kroket Singkong Isi Sayuran

Kroket juga bisa dibuat dari singkong. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah singkong 2 buah ukuran besar. Kentang 2 buah, wortel 2 buah, daun bawang 1 batang dan garam. Siapkan juga tepung maizena 1 sendok makan. Selanjutnya anda siapkan telur ayam putihnya saja 2 buah dan tepung roti.

Anda kupas singkongnya dan cuci bersih singkongnya. Selanjutnya anda parut singkongnya dan kemudian anda sisihkan dahulu. Selanjutnya anda siapkan isian sayurannya dengan memotong kentang dan wortel jadi potongan kecil. Kupas dahulu kentang dan wortel kemudian dicuci setelahnya. Kemudian tumis bawang putih dan garam. Masukkan kentang dan wortel. Setelah hampir matang, masukkan tepung maizena. Kemudian aduk-aduk hingga matang. Sekarang pipihkan adonan singkongnya dan isikan sayurannya. Kemudian berikan telur putihnya dan celupkan pada tepung roti selanjutnya anda tinggal goreng saja.

3. Kroket Isi Bihun

Sekarang kita buah kroket isi bihun. Bahan yang dibutuhkan tepung terigu, telur ayam 3 buah, tepung roti, bihun beras 2 bungkus dan wortel. Siapkan bawang putih, garam dan merica.

Cara membuat kroket isi bihun adalah dengan membuat kulit kroket dahulu. Caranya larutkan tepung terigu dan 1 butir telur. Blender dan cetak satu persatu di teflon. Setelah itu sisihkan dahulu. Buat isinya dengan merendam bihun beras dengan air mendidih selama 1 menit. Setelah itu siapkan wajan berisi minyak dan tumis bawang putih dan wortel. Tambahkan garam, dan merica. Selanjutnya masukkan bihun beras dan aduk hingga matang. Setelah itu ambil kulit tadi dan isikan. Setelah itu celup ke dalam putih telur dan tepung roti. Goreng kemudian hingga matang. 

Komentar