[EVENT REPORT] Grand Launching Buku Resep Sehat JSR

 

doc. Syaamil Quran

Dua bulan yang lalu, saat mengawali tahun 2021 ini aku berniat untuk memperbaiki pola makan agar lebih sehat. Sudah pasti aku juga belajar memperhatikan makanan yang aku konsumsi serta kandungan gizi yang ada dalam bahan makanan tersebut. Ternyata bahan makanan yang menyehatkan sebenernya murah dan mudah kita dapatkan ya. Jadi inget tahun-tahun yang lalu selalu gagal menerapkan pola makan yang sehat karena masih berpikir 'repot', hehe.

Di tengah ikhtiarku memperbaiki pola makan agar lebih sehat, beruntung banget bisa ikut menyaksikan Grand Launching Buku Resep Sehat JSR hari Sabtu, 6 Maret 2021 pukul 09.00-11.30 WIB kemarin yang diselenggarakan oleh Syaamil Quran. Acaranya disiarkan secara Live melalui Zoom dan YouTube Syaamil Quran. Grand Launching Buku ini menghadirkan tiga pembicara, yakni Ustadz dr. Zaidul Akbar (Penulis Buku Resep Sehat JSR), Bapak Riza Zacharias (Chairman Syaamil Group), dan Teuku Wisnu (Brand Ambassador Syaamil Quran).

Bapak Riza Zacharias (Chairman Syaamil Group) 

peresmian launching buku Resep Sehat JSR

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian sambutan dari Bapak Riza Zacharias yang dilanjutkan dengan peresmian Grand Launching Buku Resep Sehat JSR bersama Ustadz dr. Zaidul Akbar.

Di awal pembicaraan, Ustadz dr. Zaidul Akbar menyampaikan tiga pesan penting yang menjadi penguat dalam Grand Launching Buku kali ini, yakni :

  • Konsep pengobatan dalam diri seorang muslim adalah aqidah kepada Allah SWT. Kembalikan segala sesuatunya pada Allah SWT. 
  • Allah SWT menunjukan tanda kebesaran-Nya pada umat manusia dengan apa yang ada di muka bumi ini. Kita boleh saja kagum pada apa yang ada di muka bumi ini, tapi lebih kagumlah pada Yang Maha Menciptakan. 
  • Pengobatan yang sejati adalah pengobatan yang menjadikan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW sebagai pengobatan yang utama. Biasanya yang kita lakukan adalah jika suatu penyakit belum menunjukan tanda-tanda kesembuhan, maka kita akan menaikan dosis obat yang kita konsumsi. Maka sama halnya dengan Al-Quran, naikanlah dosis membaca Al-Quran.

Ustadz dr. Zaidul Akbar (Penulis Buku Resep Sehat JSR) 

Pada Grand Launching Buku Resep Sehat JSR ini, Ustadz dr. Zaidul Akbar mempraktikan banyak sekali resep sehat baik yang ada didalam buku beliau kali ini maupun yang tidak. Berikut aku catat beberapa resep sehat yang Ustadz dr. Zaidul Akbar praktikan :

  1. Resep pertama ini nggak ada dalam buku Resep Sehat JSR, tapi boleh banget dicoba karena kandungan gizi yang ada dalam masing-masing bahan makanannya sangat baik untuk kesehatan. Resep pertama ini terdiri dari campuran tempe, madu, dan garam nonrafinasi. Diketahui bahwa tempe mengandung probiotik, serat, dan protein. Madu mengandung prebiotik dan sumber asam amino. Sementara garam nonrafinasi ditambahkan untuk memudahkan penyerapan dalam tubuh. 
  2. Resep untuk mengatasi masalah menstruasi, membersihkan rahim, menguatkan organ reproduksi, bahkan bisa untuk program hamil juga. Resepnya terdiri dari kunyit sebanyak 1-2 ruas, air panas, jeruk nipis, dan madu. 
  3. Resep untuk meningkatkan fungsi otak, terdiri dari campuran kunyit, sereh, jeruk nipis, dan garam nonrafinasi. Kabarnya, di India tingkat demensia (pikun) jauh lebih rendah karena masyarakatnya rutin mengkonsumsi kunyit. 
  4. Resep untuk mengatasi gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya, yakni dengan mencampurkan jahe, lengkuas, sereh (ada baiknya ketiga bahan ini diparut), tambahkan air mendidih kemudian saring. Air hasil saingannya dapat diminum, sementara ampasnya bisa dicampur dengan minyak zaitun kemudian balurkan ke bagian yang terasa gatal secara rutin (2xsehari). 
  5. Resep untuk mengobati batuk pilek, yakni terdiri dari jahe, jeruk nipis, garam, madu, dan air panas. 
  6. Resep untuk mengobati badan meriang dan juga batuk berdahak, yakni dengan mencampurkan jahe, sereh, dan air panas. Bisa pula ditambahkan jeruk nipis untuk membuat rasa pada resep tersebut menjadi lebih segar. 
  7. Campuran jahe, pandan, dan air panas pun dapat dikonsumsi sebelum tidur agar tidur menjadi lebih berkualitas. 
  8. Resep untuk mengobati autoimun bisa dicoba seduhan sereh dengan air panas. 
  9. Resep untuk menekan rasa lapar ternyata cukup dengan kayu manis yang diseduh dengan air panas. 
  10. Resep untuk diare terdiri dari secang, jahe, sereh, dan air panas.

Kalo dilihat dari resep-resep tersebut, ternyata bahan makanan yang ada disekitar kita banyak banget manfaatnya. Selain itu, bahan makanan tersebut juga sangat mudah didapat dan cara pengolahannya pun nggak kalah mudah. Tapi dengan catatan, pilihlah bahan makanan yang benar-benar bagus kualitasnya.

Satu bahan makanan saja mengandung banyak bahan aktif yang bisa dijadikan berbagai obat. Maka jika bahan-bahan tersebut dikombinasikan akan semakin baik dan lebih maksimal manfaatnya.

Teuku Wisnu (Brand Ambassador Syaamil Quran) 

Pada Grand Launching Buku Resep Sehat JSR ini hadir pula Teuku Wisnu secara virtual. Menurut Teuku Wisnu, hal ini merupakan ilmu yang bermanfaat yang selama ini jarang kita dapatkan. Selama ini kita sering mendengar bahwa ketika kita sakit jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia, tapi bukan berarti kita sama sekali tidak boleh berobat. Hal tersebut tetap dapat dilakukan namun juga diiringi dengan ikhtiar beribadah kepada Allah SWT dan mengkonsumsi resep-resep sehat seperti yang ada dalam buku Ustadz dr. Zaidul Akbar.

Teuku Wisnu juga menceritakan pengalamannya mempraktikan resep sehat dari Ustadz dr. Zaidul Akbar, yakni dengan mengkonsumsi campuran lemon, kunyit, madu, dan air hangat ketika dirinya terserang flu.

Testimoni Bapak Rizal

Ada juga testimoni dari Bapak Rizal yang pada tahun 2015 pernah terkena serangan jantung. Beliau akhirnya berikhtiar selain dengan minum obat dari dokter, juga dengan mengkonsumsi resep sehat dari Ustadz dr. Zaidul Akbar yakni jahe merah, bawang putih tunggal, lemon, madu, dan cuka apel. Beliau mengkonsumsi resep tersebut 3xsehari selama satu bulan. Selain itu, beliau juga merutinkan tilawah Al-Quran. Setelah satu bulan ketika beliau diperiksa kembali, ternyata sudah tidak ada sumbatan lagi.

Hikmah yang bisa kita ambil dari pengalaman Bapak Rizal adalah bahwa ada upaya yang nggak kalah penting disamping ikhtiar jasadiah (mengkonsumsi obat dan resep sehat) yakni kembali kepada Al-Quran.

Terakhir, Ustadz dr. Zaidul Akbar menjawab pertanyaan para audiens sekaligus menutup Grand Launching Buku Resep Sehat JSR ini dengan kembali menguatkan konsep makanan yang baik dalam Islam yakni halal, thoyib, dan tidak berlebihan.

Adapun jika kita ingin memulai hidup sehat maka awalilah dengan motivasi untuk mengembalikan jasadiah ini kepada Allah SWT dalam keadaan yang baik. Selain dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berpuasa juga bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk membersihkan tubuh kita dari segala penyakit.

Kita juga dapat menjadikan momen Bulan Ramadhan sebagai bulan Iman dan Imun. Bulan Ramadhan sebagai bulan Iman merupakan waktu yang tepat untuk beramal, beribadah serta lebih taat kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan juga sebagai bulan Imun merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan imunitas dengan cara memperbaiki pola makan kita.

Bersyukur banget karena ada banyak ilmu baru yang aku dapatkan dari Grand Launching Buku Resep Sehat JSR ini. Makin bersyukur lagi karena aku udah punya buku Resep Sehat JSR yang baru saja launching ini. Buat yang mau baca reviewnya, boleh banget klik DISINI ya. Juga buat temen-temen yang pengen menyaksikan kembali acara Grand Launching Buku Resep Sehat JSR, udah ada di channel YouTube Syaamil Quran ya.

Komentar

  1. Resep-resep JSR akhirnya dibukukan juga ya, Mbak. Jadi yang suka mengikuti pola hidup sehat ini bisa lebih mudah menemukan resepnya. Keren.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya juga ikut senang dan beruntung bisa mengikuti acara grand launching buku resep sehat JSR ini. Semoga kita semua sehat selalu ya...

    BalasHapus
  3. Sayangnya resep no 1, tidak sebutkan kegunaannya ya, Mbak. Bendanya ada. (campuran tempe, madu, dan garam nonrafinasi). Selamat sore. Mbak Rani. Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  4. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan ya mbak Amin YRA

    BalasHapus
  5. Itu semua empon2 manfaatnya luar biasa ya mbak. Saya juga pernah dengar tentang pengobatan alami tradisional ala dr Zaidul Akbar ini, teman2 bilang lebih aman dan mudah di dapatkan. Inti dari sehat berasal dari dalam diri kita sendiri ya, motivasi positif akan membantu menaikkan imun.

    BalasHapus
  6. Masyaallah resepnya begitu sederhana, tapi menyehatkan. Aku juga mulai beralih ke gaya pola makan sehat nih biar bisa hidup sehat dan akhirnya produktif serta bisa bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah dapat banyak ilmu dari acara grand launching ini yaa.. Insya Allah di bulan iman dan imun alias Ramadhan nanti, kita semua diberi kekuatan iman dan taqwa. Makin baik pula nantinya pola makan kita sehari-hari dan menggunakan berbagai rempah tradisional yang selalu ada di sekeliling kita dalam ikhtiar menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  8. Musti punya nih kayaknya.. Resep JSR yanh dibukukan.
    Hidup sehat dengan konsumsi yang ada di sekitar

    BalasHapus
  9. Seru kayaknya acaranya ya mbak. Bertabur nama2 terkenal juga. Ternyata resep2 jsr ini menggunakan bahan2 yang gampang banget ditemuin dan sederhana ya. Semoga bisa mengikutinya ya mba..

    BalasHapus
  10. Insya Allah jadi buku pegangan bagi teman2 yang semangat hidup sehat ya mba. Kalau ada bukunya jadi makin manteb

    BalasHapus
  11. Ilmu yg buanyaaak bisa kita gali dari prinsip JSR ini ya Mba.
    Keren khanmaen!
    seabrek pahala buat beliau dan tim SYamiil

    BalasHapus
  12. Mbak ku yang sneneg banget praktekin resep JSR ini. Tapi memang alhamdulillah katanya beneran banyak yg bagus karena gimanapun resep dari Allah pasti yg terbaik

    BalasHapus
  13. Senang sekali mendapatkan Jurus Sehat dari buku Dokter Zaidul Akbar.
    Aku jadi baca dengan seksama niih...terutama resep menahan rasa lapar, hehhe..

    BalasHapus
  14. MasyaAllah, dengan adanya buku langsung ustad zaidul jadi lebih valid kalau mau ikut resep2nya JSR ya mbak. adem bgt dengernya "Konsep pengobatan dalam diri seorang muslim adalah aqidah kepada Allah SWT. Kembalikan segala sesuatunya pada Allah SWT. "

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, acara grand launching buku JSR ini banyak ilmu bermanfaat yang didapat ya mbak
    aku beberapa kali sudah pernah nerapin JSR ini
    emang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ya

    BalasHapus
  16. Huhu pasti asik yang bisa dapat ilmu gimana menjaga tubuh tetap sehat dengan bahan-bahan sejatinya ada saja di sekitar kita
    Saya jadi kepincut juga punya bukunya

    BalasHapus
  17. Wah banyak banget ilmu Dari acara ini ya mbak. Jadi pengen bukunya nih pasti bermanfaat banget agar kita bisa sehat ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar