Pentingnya Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi yang Baik dan Benar Sejak Dini


Kamis, 27 Mei 2021 kemarin aku mengikuti webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi setiap tanggal 28 Mei. Webinar yang disiarkan melalui zoom dan live youtube Betadine Indonesia ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, serta didukung oleh Mundipharma Indonesia. Banyak banget fakta menarik dan ilmu bermanfaat yang aku dapatkan dari webinar yang dipandu oleh Mbak Novita Angie ini.


Sehat dan Bersih Saat Menstruasi


Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Ibu Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH yang merupakan Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), ternyata kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) masih rendah banget. Padahal manajemen kebersihan menstruasi yang buruk bisa meningkatkan risiko keputihan, gatal pada area kewanitaan, bau nggak sedap pada area kewanitaan, bahkan infeksi saat periode menstruasi. Karena pada saat menstruasi jumlah bakteri buruk pada area kewanitaan bertambah akibat turunnya tingkat keasaman area kewanitaan yang disebabkan oleh darah menstruasi sehingga memungkinkan meningkatnya risiko infeksi. Adapun infeksi yang dapat terjadi diantaranya infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, hingga peningkatan risiko kanker serviks.


Maka dari itu, sangat penting menerapkan manajemen kebersihan menstruasi seperti berikut ini :

  • Membersihkan area kewanitaan secara benar dengan air bersih mengalir dan cairan antiseptik kewanitaan yang memiliki pH sesuai dengan flora normal area kewanitaan
  • Menggunakan pembalut yang bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  • Mengganti pembalut/menstrual cup secara teratur minimal setiap 4 jam sekali
  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menggunakan pembalut

Perawatan area kewanitaan nggak hanya terbatas saat mengalami menstruasi aja, tapi juga harus dilakukan setiap hari agar terhindar dari keputihan, gatal, bau nggak sedap, peradangan, hingga kanker serviks. Merawat area kewanitaan sehari-hari dapat diterapkan dengan cara :

  • Membasuh area kewanitaan dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar dengan benar yakni dari arah depan ke belakang
  • Hindari membersihkan area kewanitaan dengan sabun mandi, jika ingin menggunakan sabun sebaiknya gunakan pembersih kewanitaan yang memiliki pH sesuai dengan flora normal area kewanitaan
  • Gunakan tissue berbahan lembut untuk mengeringkan area kewanitaan
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan area kewanitaan
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun dan nggak ketat serta segera ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah


Ibu Bicara Menstruasi


Disisi lain, Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si yang merupakan Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta memaparkan bahwa ternyata 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia nggak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Hal tersebut dapat disebabkan oleh pembicaraan menstruasi yang masih dinilai tabu oleh masyarakat Indonesia, ibu yang kurang pengetahuan mengenai pembicaraan menstruasi, atau bisa juga karena ibu yang bingung harus memulai pembicaraan menstruasi dari mana, hingga remaja yang meragukan kemampuan ibu untuk menjelaskan menstruasi.

Jika pembicaraan menstruasi disampaikan kepada anak maka kemungkinan dampak baik yang terjadi yakni kesehatan reproduksi anak lebih baik, menunda hubungan seksual pertama, mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas, dan relasi ibu-anak menjadi lebih dekat. Sebaliknya jika pembicaraan menstruasi nggak disampaikan kepada anak maka kemungkinan dampak buruk yang terjadi yakni timbulnya emosi negatif (takut, cemas, malu, marah), ketidaksiapan menghadapi menarke, hingga kesalahpahaman mengenai menstruasi.



Berikut tujuh tips untuk memulai pembicaraan menstruasi dengan anak :

  1. Ibu merupakan sosok yang paling diharapkan oleh anak perempuan. Maka para ibu maupun calon ibu harus membekali diri dengan pengetahuan yang baik dan benar mengenai menstruasi. Contoh kecilnya para ibu dan calon ibu harus paham antara mitos dan fakta mengenai menstruasi. Nggak hanya itu, para ibu dan calon ibu juga harus paham cara mengkomunikasikannya agar anak nggak merasa takut.
  2. Nggak menganggap tabu pembicaraan menstruasi. Karena pembicaraan menstruasi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan.
  3. Lakukan berulang kali. Faktanya pembicaraan menstruasi nggak akan cukup jika hanya dibicarakan satu kali saja. Maka lakukan secara bertahap dan berulang kali sesuai dengan usia anak sejak anak mengalami tanda-tanda awal pubertas atau bisa juga sebelumnya.
  4. Bersikap positif. Usahakan untuk tetap bersikap positif saat menyampaikan pembicaraan menstruasi kepada anak karena hal ini merupakan topik yang sensitif bagi remaja.
  5. Banyak bertanya dan berdiskusi dengan anak dibanding menceramahinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah berbagi pengalaman pribadi secara positif mengenai pembicaraan menstruasi.
  6. Jelaskan secara kongkrit. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah para ibu bisa menjelaskan menggunakan gambar anatomi tubuh sederhana, menunjukkan pembalut dan cara menggunakannya, dan lain-lain.
  7. Jelaskan juga kepada anak laki-laki. Yups, penting juga untuk menjelaskan mengenai pembicaraan menstruasi kepada anak laki-laki. Nggak harus secara detail karena tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami kondisi teman atau saudara perempuannya yang sedang menstruasi. Contoh kecilnya seperti membantu membawakan minuman hangat untuk teman atau saudara perempuannya yang lesu karena menstruasi.


Dukungan Pemerintah Dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi


Ibu dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid yang merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memaparkan program kesehatan yang mendukung kesehatan reproduksi remaja berdasarkan Peraturan Pemerintah No.61 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Reproduksi.


Program kesehatan tersebut diantaranya :

  • Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). UKS merupakan kolaborasi sekolah dengan puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, hingga kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.
  • Pos Pelayanan Terpadu Remaja (Posyandu Remaja). Posyandu Remaja memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa pubertas.
  • Aku Bangga Aku Tahu. Program ini merupakan program penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi menular seksual.
  • Vaksinasi HPV. Vaksinasi ini ditujukan untuk anak kelas 5-6 SD dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah untuk mengurangi risiko kanker serviks.


Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Betadine Feminine Care


Ibu Mada Shinta Dewi yang merupakan Country Manager Mundipharma Indonesia menyampaikan bahwa sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Indonesia dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai manajemen kebersihan menstruasi. Melalui kegiatan tersebut diharapkan para perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin.

Mundipharma Indonesia juga melakukan kampanye edukatif #YangIdeal melalui Betadine Feminine Care untuk mengajak perempuan Indonesia agar mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi pada organ kewanitaan. 



Nah, ngomongin tentang Betadine Feminine Care, siapa sih yang nggak tau produk Betadine Feminine Care? Pasti udah pada tau dong ya. Rangkaian produk Betadine Feminine Care memiliki klaim pH seimbang, prebiotik, paraben free, hypoallergenic, dan gynaecologically tested. Betadine Feminine Care punya rangkaian produk yang lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

  • Betadine Feminine Wash dengan kandungan prebiotik yang dapat digunakan sehari-hari
  • Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone-Iodine 10% yang dapat digunakan saat terkena infeksi pada area kewanitaan karena terbukti dapat mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau nggak sedap, dan iritasi ringan pada area kewanitaan yang kerap terjadi saat menstruasi
  • Betadine Vaginal Douche dengan Povidone-Iodine 10% yang dapat digunakan saat area kewanitaan terkena infeksi, namun jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan
  • Betadine Feminine Wipes yang berbentuk tissue dapat digunakan saat bepergian agar lebih praktis, flushable,dan biodegradable


Seluruh produk Betadine Feminine Care tersebut dapat dibeli secara offline maupun online di Shopee dan Tokopedia ya. 

Setiap wanita baik remaja maupun dewasa sangat perlu untuk mengetahui manajemen kebersihan menstruasi yang baik dan benar sejak dini. Terlebih bagi seorang ibu dan calon ibu yang nantinya akan menjadi sumber informasi yang diharapkan anak perempuannya mengenai pembicaraan menstruasi. Selain itu, kita juga bisa berbagi informasi tersebut kepada sesama teman wanita yang mungkin belum mengetahuinya dengan baik.

Komentar

  1. Kebersihan menstruasi memang harus diajarkan sejak dini ke anak-anak perempuan kita. Berapa kali mengganti pembalut dan juga bagaimana supaya tetap higienis. Info yang sangat bermanfaat mba

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sejak ikut webinar kemarin saya jadi tau beberapa fakta yang cukup mengagetkan mba.. saya jadi bertekad akan menjadi ibu yang pertama sekali memberikan informasi yang benar tentang menstruasi dan manajemen kebersihan menstruasi pada anak-anak saya.

    BalasHapus
  3. Kalau lagi menstruasi itu emang gak nyaman dan bisa bikin area v iritasi. Abis baca artikel ini Aku jadi lebih aware untuk jaga kebersihan organ kewanitaan.

    BalasHapus
  4. pas banget nih aku punya anak perempuan jadi tipsnya berguna banget nih. Dan baru tahu kalau masih banyak anak perempuan yang tidak mendapat informasi seputar menstruasi sebelum haid pertamanya, ya.

    BalasHapus
  5. Iya sebaiknya bersihkan area kewanitaan dengan sabun yang punya PH yang tepat ya mbak, jangan malah pakai sabun mandi yg biasanya gk sesuai.
    Aku suka banget sama tema webinarnya, edukatif sekali khususnya buat ibu2 yg punya anak gadis.

    BalasHapus
  6. Banyak ilmu dan pengetahuan terkait menstruasi yang benar jadinya. Meksi usia sudah tua, tidak banyak lho yg mengerti bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi ini...

    BalasHapus
  7. Reminder ini, memang penting perawatan area kewanitaan ya, dan enggak hanya terbatas saat mengalami menstruasi aja, tapi juga harus dilakukan setiap hari agar terhindar dari keputihan, gatal, bau nggak sedap, peradangan, hingga kanker serviks. Apalagi kalau pakai produk perawatan tepat seperti Betadine ini

    BalasHapus
  8. webinar kemarin ini sangat bermanfaat ya mbak
    jadi tahu bagaimana seharusnya melakukan manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi

    BalasHapus
  9. Beruntung sekali anak-anak jaman sekarang ya karena informasi lebih mudah didapat. Jadinya ortu mereka juga lebih teredukasi. Termasuk edukasi mengenai persiapan haid seperti ini, sehingga mereka akan jadi lebih siap untuk menghadapi masa haidnya nanti. Makasih ya mbak infonya, anakku bentar lagi ini kayaknya soalnya umurnya sekarang udah 11 tahun

    BalasHapus

  10. Lakukan berulang kali. Faktanya pembicaraan menstruasi nggak akan cukup jika hanya dibicarakan satu kali saja. >>> setuju. sebab anak sekarang masih kecil sudah mentruasi. Jadi arahan orang tua sangat diperlukan. Contohnya cucu saya. Ganti pembalut aja harus diperintah sama mamanya. terima kasih ananda Rani.

    BalasHapus
  11. Banyak informasi dan pengetahuan penting ya di webinar ini, Mbak. Beruntung bisa ikutan juga kemarin..

    BalasHapus
  12. Thank you infonya ya Mam. Produk Betadine sudah dipercaya sejak lama. Yakin banget bisa melindungi area kewanitaan dengan produk mereka.

    BalasHapus
  13. Saya juga beruntung ikut webinar ini. Karena jadi mengedukasi lagi diri sebagai orangtua, biar mengajarkan anak ttg periode haid ini

    BalasHapus
  14. Ini acaranya bagus banget apalagi edukasi untuk kebersihan saat menstruasi ya, wajib tau ini anak-anak remaja. Keinget jaman teenager dulu, dimana si mamahku tuh cerewet banget soal kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  15. penting banget ya mbak, untuk kita bekali baik buat kesehatan diri dan anak cucu keluarga nih. siap untuk bekal bicara tentang menstruasi ini kepada anak.

    BalasHapus
  16. Agar anak perempuan gk sahabat informasi saat mengalami mens, maka memberikan edukasi adalah keharusan

    BalasHapus
  17. Aku jadi ingin beli Betadine juga niih..
    Mengingat kebiasaan selama ini menggunakan merk yang aku gak tau kondisi pH nya.
    Edukasi yang bagus dan sangat lengkap sekali yaa..

    BalasHapus
  18. Bagus, ternyata banyak yang harus diperhatikan saat menstuasi tuh ya dan anak gadis harus tahu ini dari ibunya.

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak infonya mba. Bermanfaat banget. Bahkan untuk yang sudah mendapatkan menstruasi berpuluh2 tahun lamanya ini juga ternyata belum paham sekali ttg seluk beluk menstruasi.

    BalasHapus
  20. Kebersihan saat menstruasi memang wajib dijaga. Banyak risiko penyakit yg bisa terjadi jika kebersihan tidak dijaga saat menstruasi.

    BalasHapus
  21. Yes.. kebersihan menstruasi penting banget. Harus diinfokan sebelum anak perempuan mendapatkan haid pertamanya

    BalasHapus
  22. Pentinh bangets mbak ya kebersihan pada saat menstruasi itu, untung Ada webinar kemarin ya mbak jadi tercerahkan rasanya

    BalasHapus
  23. Walaupun udah bertahun-tahun menstruasi, aku dapet banyak insight dari webinar Betadine ini loh, mom

    BalasHapus
  24. Materinya nampol banget yaa, kak..
    Ilmunya bisa kepake dan bismillah...semoga prakteknya, kita semua bisa membimbing anak-anak untuk memasuki gerbang remaja mereka dengan cara yang baik dan benar.

    BalasHapus
  25. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  26. Makasih mba sharingnya saya punya anak perempuan yang sudah haid. Memang penting banget ngajarin mereka menjaga kebersihan area wanita

    BalasHapus
  27. penting banget emang buat selalu menjaga area kewanitaan tetap bersih. anak-anak remaja wajib banget diberi edukasi menjaga kebersihan kewanitaan supaya gak menyesal nantinya..

    BalasHapus
  28. Dengan edukasi yang disampaikan sejak dini, si anak perempuan tidak hanya paham MKM saja, tetapi juga dapat menjaga dirinya

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah, webinar ini sangat bermanfaat ya Mbak? perlu banget mengedukasi ananda soal ini.

    BalasHapus
  30. pemerintah ternyata sudah lama memberikan perhatian terhadap kesehatan reproduksi wanita. dan ada undang-undangnyajuga.

    BalasHapus
  31. Thank you informasinya mam... Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  32. beruntung banget biusa ikutan acara luar biasa ini materinya, jadi makin ngerti tentang seluk beluk mentruasi, dan semoga bisa diinfromasikan ke banyak pihak lagi ya :)

    BalasHapus
  33. obrolan tentang menstruasi memang sebaiknya berangkat dari rumah ya. agar anak pra remaja lebih paham tentang apa yang mereka hadapi dan bagaimana menjaga kebersihannya.

    BalasHapus
  34. Terima kasih sudah berbagi. Sangat bermanfaat sekali. Bisa untuk bekal bagi diri sendiri atau saat jadi ibu nanti.

    BalasHapus
  35. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  36. Webinar ini sangat bermanfaat banget buat saya. Soalnya saya punya anak perempuan. Eh, baru tahu kalau ternyata anak laki-laki pun perlu diedukasi mengenai menstruasi.

    BalasHapus
  37. Wah catatannya ini lengkap banget Kak. Berguna banget nih buat saya dalam membekali anak perempuan saya nantinya.

    BalasHapus
  38. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  39. benar, edukasi seputar menstruasi ini penting banget ya mbak
    baiknya dibicarakan sebelum anak memasuki masa pubertasnya

    BalasHapus
  40. Obrolan tentang area v dan manajemen kebersihan menstruasi sangat menyenangkan dan edukatif kalau enggak pake bumbu bumbu Mitos dan stigma.

    BalasHapus
  41. terimakasih sudah sharing ilmunya kak
    baru tau kalau ternyata pemerintah sudah lama memberikan perhatian tentang kesehatan menstruasi. semoga kedepannya acara seperti ini semakin sering diselenggarakan

    BalasHapus
  42. thank you infonya, Jujur jadi dapat ilmu baru dan momen aha kok aku baru tahu ya. Zoominar yang keren membahas hal-hal yang terkesan tabu padahal perlu banget untuk dibahas

    BalasHapus
  43. Ini penting banget informasi nya menjaga kebersihan saat menstruasi dan wajib seorang ibu mengedukasi anaknya

    BalasHapus

  44. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.
    Biar anak lebih siap menghadapi menarke nantinya

    BalasHapus
  45. Inget pesen mama jafi perempuan harus pintar jaga kebersihan badan ke hal paling detail sekalipun hrs cermat

    BalasHapus
  46. Sepakat semua sama tulisan kak Rani, ibu adalah sumber pertama dan utama.. maka harus semangat cari informasi yang benar supaya anak-anak juga dapat fakta yg benar.

    BalasHapus
  47. aku kemaren juga ikutan, bener bener bermanfaat banget ya kak sharing ilmunya aku aja sebagai perempuan belum terlaku faham soal management kebersihan

    BalasHapus
  48. Edukasi MKM kepada anak remaja perempuan harus dilakukan sejak sekarang ya. Semakin cepat mereka mengetaui pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan area intim mereka.

    BalasHapus
  49. Hallo kak Raniii terimakasih informasi bermanfaaatnyaa yaa. Webinar yang sarat dengan misi positiv semoga semakin banyak yang tercerahkan. Saya sendiri menjadi tercerahkan soal pembersih kewanitaan yang juga ada yang aman ini.

    BalasHapus
  50. Lengkap banget pembahasan nya, Ibu mmg sosok terdepan utk materi menstruasi ini ya mb, jadi penting banget Ibu membekali diri dengan informasi ini ya mb

    BalasHapus

  51. Mengingat pentingnya MKM untuk remaja perempuan dan wanita pada umumnya edukasi tentang masalah menstruasi memang harus dilakukan lebih sering dan menyasar ke instansi pendidikan juga ya...

    BalasHapus
  52. aku juga kemarin ikutan webinar ini, mbak. alhamdulillah bermanfaat banget webinarnya buat ibu kayak aku

    BalasHapus
  53. Edukasi ini memang sangat penting banget ya, teh. Apa lagi untuk para remaja perempuan, jadi bisa lebih menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim selama menstruasi

    BalasHapus
  54. Tips tipsnya membantu banget nih, apalagi klo punya anak cewe. Tapi anak cowo juga perlu tau juga ya soal menstruasi ini hehehe

    BalasHapus
  55. Bagus banget ini materi webinarnya. Memang sudah saatnya pembicaraan ttg menstruasi tidak lg dianggap tabu. Alih2, edukasi ttg mens sangat penting utk kesehatan reproduksi, kesiapan mental, juga biar gak ada lagi yg bully gara2 mens

    BalasHapus

Posting Komentar