Kamis, 25 November 2021

#BeraniBaik : Sempurnakan Ibadah Akhir Tahun Bersama Dompet Dhuafa

Tahun 2021 udah tinggal satu bulan lagi aja nih. Biasanya menjelang akhir tahun jadi momen untuk evaluasi berbagai hal selama satu tahun terakhir, salah satunya tentang keuangan. Pas banget nih beberapa hari yang lalu aku sempet baca postingan yang bahas tentang evaluasi keuangan tahunan. Di postingan tersebut ditampilkan beberapa ceklis untuk mengevaluasi keuangan kita, diantaranya “Apa dana darurat kita tetep aman?”, “Apa aset kita bertambah?”, dan lain-lain. 

Tapi pernah kepikiran nggak sih, dari hal-hal yang kita lakukan atau target-target kita selama ini, apa udah memberi manfaat juga buat orang lain? Atau malah jangan-jangan baru cuma buat diri sendiri aja nih? Misalnya dalam keuangan, jangan-jangan harta yang kita sisihkan dari penghasilan kita cuma buat nambah jumlah tabungan dan aset kita aja? Hmm.. Padahal hidup ini nggak akan hanya di dunia aja, kadang suka lupa buat nabung untuk bekal di akhirat kelak. (aku ngomong sambil ngaca, hehe)

Jadi di momen akhir tahun ini, nggak ada salahnya kita bikin resolusi yang semoga bikin diri kita jadi makin lebih baik lagi. Resolusinya yaitu #BeraniBaik dengan mulai merutinkan sedekah, nggak lupa membayar zakat, dan kedepannya semoga dimudahkan untuk bisa berwakaf. Kita mulai lakukan resolusinya dari sekarang, nggak perlu nunggu awal tahun baru karena kalo niat baik lebih cepat dilakukan akan lebih baik, iya kan? 

Saat hendak sedekah, zakat, maupun wakaf tentu kita harus memilih lembaga yang terpercaya agar hati kita tenang, begitupun dengan dana yang kita donasikan agar tersalurkan sebagaimana mestinya. Salah satu lembaga yang punya kredibilitas bagus yaitu Dompet Dhuafa. Pasti udah familiar banget dong dengan Dompet Dhuafa?

Dompet Dhuafa merupakan sebuah lembaga filantropi Islam yang fokus pada pemberdayaan kaum dhuafa melalui pendekatan kegiatan welas asih dan wirausaha sosial.  Dompet Dhuafa udah berdiri sejak tahun 1993 dan memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan berbasis pada keadilan. Dompet Dhuafa punya lima pilar program, yakni sosial budaya, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan dakwah. Kita pun bisa bersedekah, zakat, maupun wakaf melalui Dompet Dhuafa tentunya.


Sedekah

Pasti kita semua udah tau ya kalo dengan bersedekah nggak akan mengurangi harta kita. Yups, itu bener banget sih. Justru dengan bersedekah akan membawa manfaat bagi diri kita, diantaranya mendapat pahala berlipat ganda, terhindar dari marabahaya, memberikan ketenangan hati, dan lain sebagainya. Di momen akhir tahun ini, yuk kita sempurnakan ibadah akhir tahun dengan bersedekah melalui Dompet Dhuafa karena Dompet Dhuafa punya beberapa program sedekah yang peruntukannya jelas.

  • Kado Untuk Pahlawan Keluarga : Merupakan sebuah program berbagi kebahagiaan akhir tahun dengan memberi kado kepada mereka yang kurang beruntung. Kadonya bisa berupa sembako maupun perlengkapan sholat. Sedekah ini akan disalurkan kepada porter stasiun, penggali makam, pemulung, lansia dhuafa, marbot masjid, dan lain-lain.
  • Wakaf Ibu : Merupakan sebuah program wakaf atas nama Ibu kita yang manfaatnya Insya Allah akan terus mengalir kepada ibu kita.
  • Keluarga Tangguh : merupakan sebuah program bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 2jt yang akan diberikan kepada para pejuang keluarga terdampak pandemi sebagai modal usaha dan/atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Indonesia Siap Siaga : Merupakan sebuah program bantuan untuk warga yang terdampak bencana seperti banjir di Kalimantan yang saat ini terjadi. Bantuannya berupa layanan dapur umum, pos hangat, kesehatan, dan penyaluran sembako.
  • Kado Akhir Tahun untuk Anak Yatim : Merupakan sebuah program berbagi keceriaan akhir tahun dengan memberi kado kepada anak-anak yatim di berbagai daerah. Kado dapat berupa school kit, pakaian takwa, dan sembako.


Zakat

Menurut bahasa, zakat artinya bersih, suci, subur, dan berkembang. Zakat merupakan ibadah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim apabila telah memenuhi syarat sebagai muzaki. Syarat seorang muzaki diantaranya beragama Islam, baligh, berakal sehat, memiliki kemampuan finansial, merdeka, dan hartanya telah mencapai nisab dan haul. 

Pada dasarnya zakat terbagi menjadi dua jenis, yakni Zakat Fitrah dan Zakat Mal (harta).

  • Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. Zakat Fitrah besarannya setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan, misalnya beras, gandum, dan lain-lain.
  • Zakat Mal merupakan zakat harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim sesuai dengan nisab dan haulnya. Waktu pengeluaran Zakat Mal nggak dibatasi jadi bisa dikeluarkan kapan aja ketika syarat zakat terpenuhi. Zakat Mal terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas, perak, dan lain-lain yang masing-masingnya punya perhitungan tersendiri. Salah satu jenis Zakat Mal yaitu zakat penghasilan. Zakat penghasilan yaitu zakat yang perlu dikeluarkan setiap kita mendapat penghasilan berupa harta atau uang. Zakat penghasilan bisa dikeluarkan perbulan dengan cara dicicil dan dengan perhitungan tertentu. Untuk tau cara menghitung besaran zakat yang harus dikeluarkan, bisa dihitung terlebih dahulu di Kalkulator Zakat. Setelah dihitung di Kalkulator Zakat, tinggal kita sisihkan deh untuk membayar zakat setiap bulannya begitu kita menerima gaji/penghasilan.


Wakaf

Menurut bahasa, wakaf artinya menahan. Wakaf bisa berupa harta benda bergerak maupun tidak bergerak. Harta benda bergerak contohnya uang, kendaraan, dan lain-lain, sedangkan harta benda tidak bergerak contohnya tanah, bangunan, dan lain-lain. Wakaf punya banyak manfaat loh, diantaranya :

  • Pahala akan terus mengalir walaupun wakif (orang yang berwakaf) telah meninggal dunia karena wakaf termasuk sedekah jariyah
  • Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi 
  • Mempererat tali persaudaraan banyak pihak
  • Dilipatgandakan ganjarannya hingga 700x lipat
  • Belajar bahwa harta benda nggak ada yang kekal (nggak bisa dibawa saat meninggal), tapi harta yang diwakafkan nggak akan terputus manfaatnya
  • Mendorong pembangunan negara karena harta wakaf banyak digunakan untuk sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya


Mudahnya Sedekah, Zakat, dan Wakaf melalui Dompet Dhuafa

Setiap orang tentu punya kesibukan yang berbeda, ada yang bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikan urusannya, tapi ada juga yang terlampau sibuk. Ditambah dengan kondisi pandemi sejak dua tahun terakhir ini, pasti kita pun pernah merasakan khawatir ketika hendak keluar rumah. Bersyukur dengan kemajuan teknologi saat ini yang semakin memudahkan berbagai urusan kita. Begitupun dengan Dompet Dhuafa, karena sedekah, zakat, maupun wakaf melalui Dompet Dhuafa bisa dilakukan secara online juga. Nggak usah khawatir karena Dompet Dhuafa merupakan lembaga terpercaya yang terus menjaga amanah dari para donatur dan masyarakat Indonesia.

Nah, ngomongin tentang kemudahan bersedekah melalui Dompet Dhuafa, caranya bener-bener mudah loh. Cukup melalui website Donasi Dompet Dhuafa kemudian pilih donasi yang kita niatkan. Selanjutnya isi data yang diminta dan pembayarannya pun ada banyak pilihannya. Kemudahan lainnya yaitu kita udah bisa bersedekah hanya dengan Rp 10.000 aja, ringan banget dan nggak memberatkan sama sekali ya.

Yuk mulai sekarang kita berani baik dan sempurnakan ibadah kita dengan rutin bersedekah, nggak lupa membayar zakat, bahkan berwakaf. Sedikit demi sedikit kalo dilakukan secara terus menerus tentu akan lebih baik. Sesedikit apapun harta yang kita miliki jika dilakukan bersama-sama dengan umat muslim lainnya tentu akan sangat membawa kebahagiaan bagi saudara kita yang membutuhkan. Tentunya jangan lupa kita niatkan dengan ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan bersedekah, zakat, dan wakaf semoga urusan kita juga semakin dimudahkan ya, Aamiin.

3 komentar:

  1. masyaallah bener banget. gak perlu nunggu banyak harta ya untuk bersedekah ataupun berbagi. kita bisa mulai dari sekarang.

    BalasHapus
  2. Gak terasa sudah mau tutup tahun lagi yaa, saatnya berzakat dan donasi bagi yang membutuhkan, salah satunya bisa melalui Dompet Dhuafa.

    BalasHapus
  3. MasyAllah manfaat banget kak tulisan ini semoga Berkah ya kak... Donasi tidak harus banyak 10rb saja sudah dicatat sama allah

    BalasHapus

#BeraniBaik : Sempurnakan Ibadah Akhir Tahun Bersama Dompet Dhuafa

Tahun 2021 udah tinggal satu bulan lagi aja nih. Biasanya menjelang akhir tahun jadi momen untuk evaluasi berbagai hal selama satu tahun ter...