Kamis, 25 Mei 2023

Pengalaman Mengikuti Smiling West Java Ambassador 2023 (Part I)

Ada yang tau Smiling West Java Ambassador? Kalo follow akun Instagram Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) pasti kurang lebih tau lah ya. Smiling West Java Ambassador merupakan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif, khususnya content creator selaku pelaku subsektor film, animasi dan video, dengan pelibatan aktif pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Jawa Barat, yang bertujuan untuk meningkatkan promosi pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif di wilayahnya. Smiling West Java Ambassador pertama kali diadakan tahun 2022. Waktu itu aku liat ada beberapa kakak-kakak blogger yang ikutan dan terpilih juga.

Nah, kali ini aku mau cerita pengalamanku mengikuti Smiling West Java Ambassador 2023 saat proses pendaftaran dan pelatihan.

 

Mendaftar Smiling West Java Ambassador 2023

Beberapa bulan yang lalu aku liat pengumuman pendaftaran Smiling West Java Ambassador 2023 di Instagram. Temen-temen blogger juga saling nge-share info pendaftaran tersebut. Syarat pendaftarannya terbilang cukup mudah sih menurutku, salah satunya bikin video IG Reels yang memuat pariwisata, kuliner, ataupun ekonomi kreatif yang ada di Jawa Barat. Syarat lengkapnya bisa temen-temen kepoin akun Instagramnya @swj.ambassador ya.

Waktu liat pengumuman pendaftarannya pengen banget ikutan tapi galau karena tahun ini aku udah mulai kerja work from office lagi. Khawatir banyak bentrok sama kerjaan kantor kan sedih juga yaa. Kebetulan juga aku nggak punya stok video karena selama ini seringnya motret bukan ambil video. Trus waktu itu aku lagi agak hectic juga jadi kalo mau ambil video baru pun agak bingung harus kapan. Duh kenapa jadi kayak orang sibuk banget gini ya? wkwkwk.

Pendaftaran dibuka kurang lebih selama satu minggu aja, karena masih sibuk dengan ini-itu akhirnya aku memutuskan nggak daftar dan berpikir ya udah lah ikutan tahun depan aja moga ada lagi. Eeh ternyata besoknya ada pengumuman kalo pendaftaran diperpanjang. Jadilah kepikiran lagi pengen ikutan, wkwk. Disemangatin lagi juga sama temen blogger biar daftar dan kebetulan aktivitasku udah mulai longgar. Hmm.. oke deh aku coba daftar.

Btw, domisiliku di Jatinangor, Sumedang. Sebenernya sih pengen ambil video di daerah Sumedang-nya banget karena selain biar ngenalin “ini loh Sumedang punya ini” ke khalayak online, menurutku daerah Sumedang tuh masih cukup sejuk dan udaranya bersih juga. Tapi sayangnya, karena waktunya mepet jadi belum memungkinkan untuk itu. Akhirnya aku bikin video tentang Kiara Artha Park, sebuah taman di tengah Kota Bandung tepatnya berlokasi di Kiaracondong. Alasan ngambil video disitu karena waktu itu biar sekalian ada urusan juga sekitaran sana, hehe.

Singkat cerita edit-edit video, upload ke sosial media sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, lengkapin data dan dokumen untuk pendaftaran. Tinggal nunggu deh sampe pengumuman keluar. Lupa sih rentang waktunya berapa lama antara pendaftaran, pengumuman, sampe informasi pelatihan.

 

Mengikuti Pelatihan Smiling West Java Ambassador 2023

Pada suatu hari yang aku udah lupa itu hari apa, yang pasti waktu itu aku lagi kerja, wkwk. Aku dapet pesan whatsapp yang menyatakan aku lolos seleksi Smiling West Java Ambassador 2023. Sambil nanya-nanya tentang kegiatan kedepannya, dari yang aku tangkap sih Insya Allah waktunya fleksibel nggak terlalu mengganggu waktu kerja, alhamdulillah…

Setelah pengumuman lolos Smiling West Java Ambassador 2023, akhirnya tiba juga waktu pelatihannya yakni Senin, 22 Mei 2023 yang bertempat di Taman Budaya Dago Bandung (Teater Tertutup Dago Tea House). Peserta Smiling West Java Ambassador 2023 yang mengikuti pelatihan pada tanggal tersebut merupakan peserta dari Wilayah 4 yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.

lokasi pelatihan : Teater Tertutup Dago Tea House

simbolis atribut kehormatan SWJ Ambassador

Berangkat lumayan pagi dari rumah dan naik kendaraan umum. Aku naik angkot dulu dari rumah ke Jatos, trus naik temanbus (dulunya damri) dari Jatos ke Dipatiukur, lanjut naik ojek online dari Dipatiukur sampai lokasi. Alhamdulillah nggak kesiangan, trus sempet ketemu temen-temen blogger yang lolos juga meski duduknya misah-misah, haha.

Pelatihan kali ini bertema “Empowering Local Content Creator”. Acara berjalan lancar dan cukup padat tapi tetep santai, yups padat soalnya dari pagi sampe sore banget nih, hehe. Ada tiga materi pelatihan yakni materi kepariwisataan oleh Ibu Lia Afriza, materi fotografi dan videografi oleh Mbak Martha Suherman, dan materi content creator oleh Kak Humaira Fathiannisa. Secara keseluruhan materi yang disampaikan dari ketiga narasumber bagus dan bermanfaat banget untuk para peserta Smiling West Java Ambassador 2023 ini. Bahkan jujur nih, biasanya kalo kita nyimak materi dari pagi sampe sore tuh kan suka capek banget yak an, tapi kali ini aku beneran enjoy sih.

materi kepariwisataan oleh Ibu Lia Afriza

materi fotografi dan videografi oleh Mbak Martha Suherman

materi content creator oleh Kak Humaira Fathiannisa

Nggak cuma dapet materi pelatihan, aku juga dapet temen baru dong pastinya. Kenalan sama temen-temen baru dari Kota/Kabupaten lain, trus pulangnya baru deh ketemu temen-temen baru dari Kabupaten Sumedang. Seru banget ternyata!

Selepas pelatihan nggak udahan gitu aja, tapi para peserta ada penugasan pembuatan konten yang di share di akun sosial media masing-masing. Konten tentang apa? Tentang Smiling West Java Ambassador dan kepariwisataan dong pastinya. Semangat banget karena ini jadi pengalaman baru buatku. Jadi lebih ngeuh juga dengan potensi pariwisata yang dimiliki Jawa Barat khususnya Kabupaten Sumedang domisiliku.

ada hiburan angklung juga

main angklung juga

sharing session bersama SWJ Ambassador 2022

Segitu dulu deh sharingku kali ini, nanti Part II nya belum tau kapan karena sekarang baru mulai masa penugasan. Harapanku semoga lancar sampe akhir deh ya. Semoga dengan menjadi salah satu bagian dari Smiling West Java Ambassador 2023 ini aku bisa turut memberikan kontribusi positif dan turut memajukan potensi kepariwisataan di Jawa Barat. Aamiin..

5 komentar:

  1. Wah seru banget yah, bisa ikutan acara seminar smiling west java, bisa dapet ilmu baru, teman baru, dan pastinya dapat pengalaman baru yaa.

    BalasHapus
  2. ini super seruuuuu
    bs jd pengalaman berkesan ya
    semoga bs ditiru propinsi lainnya jugaaaa

    BalasHapus
  3. Wah, baru tau ada event semacam ini. Seru dan asyik ya. Kreator lokal pun dapat kesempatan untuk pelatihan dan naik kelas. Oh iya, tapi ini berarti acaranya khusus untuk warga Jawa Barat saja kah Mbak?

    BalasHapus
  4. Wah keren programnya, terobosan baru dari pak Ridwan Kamil keren nih, pesertanya dapat pembekalan juga jadi dapat ilmu tambahan juga

    BalasHapus

KEB Intimate Session Bersama Kartika Soeminar : Berjuang dan Bangkit dari Jerat Seorang NPD (Narcissistic Personality Disorder)

Akhir-akhir ini kalo scroll Instagram ataupun Tiktok cukup sering nemu konten yang ngebahas tentang NPD. Aku pun akhirnya penasaran tentang...