Rahasia Puasa Sehat Anti Kalap ala Soyjoy



Girls, gimana puasanya? Lancar kaaan.. Mudah-mudahan lancar ya.. Gimana juga sama berat badan dan pola makannya? Mudah-mudahan masih stabil dan nggak kalap segala dilahap saat sahur dan berbuka. Hehe..

Ngomong-ngomong tentang berat badan dan pola makan, aku jadi inget acara yang aku ikuti seminggu yang lalu. Tepatnya Minggu, 13 Mei 2018 aku ikutan acara yang diadakan oleh Hijaber United Bandung dan Soyjoy. Hijaber United Bandung merupakan suatu komunitas muslimah di Bandung yang berfokus mengadakan event-event bermanfaat di Bandung. Sementara Soyjoy, siapa yang nggak tahu Soyjoy? Sebuah brand snack sehat yang terbuat dari kedelai utuh dan buah-buahan yang dikeringkan.

Acara yang bertema tentang ‘Puasa Sehat Jangan Kalap’ ini diadakan di Mamayu Kitchen yang beralamat di Jalan R.E Martadinata No.128 Cihapit Bandung. Saat aku sampai di lokasi, sudah ada teman-teman yang sudah hadir terlebih dahulu. Ada juga teman-teman yag baru aku kenal.

mamayu kitchen

Setelah melakukan registrasi, aku ngobrol dulu sama teman-teman yang lainnya. Potret sana sini sampe akhirnya tibalah waktunya acara dimulai. Acara dibuka oleh MC kece nan kocak Nida yang juga bagian dari Hijaber United Bandung. Kemudian pemaparan materi tentang kesehatan dari Tim Soyjoy. Tapi sebelum pemaparan materi dimulai, para peserta diajak mengikuti games terlebih dahulu agar lebih bersemangat. Hihihi menarik sekali ya.

di meja registrasi ada teteh ramah dari soyjoy

nida sang mc

gamesnya seru

Bicara tentang kesehatan pasti akan bicara juga tentang penyakit. Misalnya penyakit zaman sekarang versus penyakit zaman dahulu. Kalo zaman dahulu biasanya penyakit lebih banyak disebabkan oleh bakteri dan virus yang belum diketahui apa obatnya dan rata-rata dialami oleh para usia lanjut, tapi sekarang ternyata penyakit lebih banyak disebabkan oleh pola hidup yang nggak sehat dan bahkan banyak dialami oleh usia muda. Apa penyebabnya? Ya itu tadi, pola hidup yang nggak sehat. Kalo zaman dahulu orang-orang masih lebih banyak mengkonsumsi makanan segar dan bebas pengawet, tapi sekarang makanan yang ada di sekeliling kita sudah didominasi oleh makanan cepat saji dan mengandung pengawet. Ditambah dengan cara mengolah makanan yang tidak tepat dan jarangnya berolahraga tentu akan menjadi faktor pendukung timbulnya penyakit di kalangan muda saat ini.

pemaparan materi dari tim soyjoy

Nggak mau dong masih muda udah kena penyakit ini itu gara-gara pola hidup kita yang nggak sehat? Maka dari itu mulai sekarang kita harus mulai mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat lagi. Diawali dengan pola makan kita, kita bisa menerapkan Diet 3J.
Diet 3J : Jumlah Kalori, Jenis Makanan, Jurus Masak
Perhatikan jumlah kalori yang kita butuhkan karena kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda. Kemudian perhatikan pula jenis makanannya, usahakan selalu makan makanan yang sehat dengan komposisi yang tepat. Jangan lupakan pula jurus masak, kalo misalnya jumlah kalori dan jenis makanan yang kita pilih udah tepat tapi jurus masaknya nggak tepat, itu sama aja bohong dong. Sesuaikan jurus masak dengan bahan makanan itu sendiri agar gizi yang terkandung didalam makanan tersebut nggak hilang. Dibanding memasak makanan dengan cara menggoreng atau membakar, kayaknya merebus dan mengukus makanan akan lebih sehat.

Buat yang lagi menurunkan berat badan bisa banget dicoba menerapkan Cut Carbo with Soyjoy, yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat saat makan dan menggantinya dengan mengkonsumsi Soyjoy 2 jam sebelum makan. Karena ternyata Soyjoy dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Oh iya bicara tentang Soyjoy, ada varian baru lho dari Soyjoy yaitu Soyjoy Crispy yang tinggi serat, isoflavon, asam folat, dan tinggi protein.  Kalian sudah coba varian terbaru Soyjoy ini? Enak banget lho.

cut carbo with soyjoy

Acara berhenti sampai disitu? Nggak dong. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi berikutnya oleh Teh Dhita Pratama Muslimah, A.Md,Gz tentang tips puasa sehat. Sebagai umat muslim, pasti kita sudah tahu bahwa apa yang diperintahkan oleh Allah SWT pastilah memiliki banyak manfaat, termasuk perintah menjalankan ibadah puasa. Ternyata puasa memiliki manfaat dapat menurunkan berat badan, mengurangi jumlah lemak, mengecilkan lingkar pinggang, mengurangi kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Tapi dengan catatan lakukan puasa dengan baik dan benar ya. Nah lho, emangnya gimana sih melakukan puasa yang baik dan benar itu? Yang nggak bermalas-malasan saat menjalankan puasa, dan juga nggak kalap saat menyantap makanan saat sahur dan berbuka. Jadi usahakan tetap semangat beraktivitas seperti biasanya ya walaupun sedang berpuasa dan juga perhatikan asupan makanan kita, jangan sampai kita kalap makan segala jenis makanan. Tapi kan.. tapi kan.. kalo lagi puasa tuh suka kerasa lapar, haus, badan lemes, pusing juga.. Tenang, itu wajar dialami ketika awal kita berpuasa karena tubuh belum terbiasa mengosongkan perut dalam waktu 13 jam. Nanti juga kalo udah terbiasa, kemungkinan mengalami hal-hal tersebut akan sangat kecil.

pemaparan materi oleh teh dhita pramita muslimah, a.md,gz

Tapi gimana kalo kita menemukan fakta bahwa setelah berpuasa berat badan kita bukannya turun malah naik? Hmm.. ternyata bisa juga lho hal demikian terjadi. Menurut dr. Ari Fahrial Syam seorang praktisi klinis RSCM, 10% orang yang berpuasa mengalami kenaikan berat badan. Loh kok bisa? Jangan salahin siapa-siapa dulu, mending periksa dulu nih penyebab-penyebabnya.
  1. Balas dendam saat berbuka (memilih makanan manis, gorengan, sirup, makanan berkalori tinggi)
  2. Berbuka dengan makanan tanpa serat (makanan dengan kandungan banyak gula pasir, efeknya tubuh jadi lebih mudah merasa lapar)
  3. Menambah porsi makan
  4. Aktifitas berkurang karena gula darah turun (untuk menaikan gula darah, kita bisa tetap berolahraga agar hormon glukagon meningkat)

Jadi mulai sekarang, yuk perhatikan asupan makanan kita saat berpuasa. Misalnya dengan memilih jenis makanan low GI saat sahur dan berbuka yang akan membuat kenyang lebih lama dan tidak cepat mengantuk, cara mudahnya bisa dengan mengkonsumsi Soyjoy beberapa menit sebelum imsak dan beberapa menit sebelum makan besar saat berbuka.

Ada juga nih contoh distribusi kalori saat puasa dari Soyjoy, yaitu sahur 30% (540 kal), buka 20% (360 kal), makan malam 30% (540 kal), pembatasan 20% (360 kal). Contoh makanan 540 kal saat sahur dan makan malam dapat berupa nasi, semur ayam, bening bayam, telur, tempe, dan pepaya. Atau bisa juga berupa oatmeal, pisang, susu full cream, dan salad ikan.

Ada tips buka puasa sehat dari Soyjoy, yaitu dengan memakan makanan yang mengandung banyak air, rendah lemak, tinggi serat, rendah gula, no gorengan, dan yang pasti no kalap!! Jenis makanan saat berbuka dapat berupa air, kurma, buah-buahan, dan soyjoy. Atau bisa juga air dan frozen yoghurt. Atau bisa juga nih dengan menyantap kelapa muda, bubur kacang, dan soyjoy.

Nggak terasa saking menariknya pemaparan materi dari Tim Soyjoy, waktu sudah menunjukkan jam makan siang. Di acara tersebut kita juga dapat menyantap makan siang berupa salad yang dapat kita pilih sendiri sesuai selera kita, dengan tak lupa di mix dengan Soyjoy. Sebelum makan siang, lagi-lagi para peserta diajak mengikuti games yang nggak kalah seru dari games pertama. Kemudian sebelum acara ditutup ada juga demo cara membuat fruity smoothies ala Soyjoy yang sangat mudah kita buat di rumah.

games lagi tambah seru

semua peserta mengikuti games dari soyjoy

demo cara membuat fruity smoothies ala soyjoy

para peserta mengantri memilih salad pilihan masing-masing

dari sekian banyak, aku paling suka honey mustard

beragam sayur dan buah segar di mamayu kitchen

ini salad pilihanku, terdiri dari selada, kol ungu, semangka, dan wortel, tak lupa soyjoy cokelat dan soyjoy crispy

Seneng banget bisa ikutan acara ini, selain bisa mendapat ilmu yang bermanfaat untuk menjalani puasa ramadhan tahun ini, aku juga bisa kenalan dengan teman-teman baru.

Nah Idul Fitri masih lama kan ya? Artinya masih ada banyak waktu untuk memperbaiki pola hidup kita selama ramadhan tahun ini. Yuk bisa dicoba tips-tips yang diberikan Soyjoy yang udah aku ceritain di atas. Dan jangan lupa terus perbaiki juga kualitas ibadah kita ya..

Komentar