Senin, 03 Februari 2020

UMKM Tembus Pasar Global Bersama YULIBU.COM


Di tengah pesatnya kemajuan era digital seperti saat ini, rasanya setiap orang semakin mudah melakukan segala urusannya, termasuk urusan berbelanja. Jika dahulu transaksi jual beli dilakukan dengan cara tatap muka, sekarang udah nggak harus seperti itu lagi. Bahkan di era digital yang semakin maju ini, seseorang bisa mendapatkan barang yang dia inginkan tanpa harus jauh-jauh pergi ke tempat asal barang tersebut dijual. Semuanya bisa dilakukan secara online.

Nggak hanya kemudahan untuk para konsumen aja, tapi kemajuan era digital saat ini dapat dirasakan oleh para pelaku usaha juga. Pesatnya kemajuan era digital saat ini dapat mempermudah para pelaku usaha untuk memasarkan produk yang mereka jual ke pasar yang lebih luas lagi. Cakupannya nggak hanya calon pelanggan dalam satu kota yang sama, tapi bisa sampai keluar negeri. Gimana caranya? Terlebih jika usaha yang dijalankan para pelaku usaha tersebut masih dalam skala kecil seperti UMKM.

Sebelumnya, tentu udah nggak asing lagi dengan UMKM kan? UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan usaha yang dimiliki perorangan ataupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria yang dibedakan ke dalam usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.
  1. Kriteria yang termasuk ke dalam usaha mikro yakni usaha yang dimiliki perorangan atau badan usaha dengan kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta dan hasil penjualan setiap tahunnya sekitar Rp 300 juta.
  2. Kriteria yang termasuk ke dalam usaha kecil yakni usaha yang dimiliki perorangan atau kelompok (bukan badan usaha) dengan kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta hingga Rp 500 juta dan hasil penjualan setiap tahunnya sekitar Rp 300 juta hingga Rp 2,5 milyar.
  3. Kriteria yang termasuk ke dalam usaha menengah yakni usaha yang dikategorikan bisnis besar namun bukan cabang dari perusahaan pusat dengan kekayaan bersih yang sudah diatur oleh peraturan perundang-undangan yakni sekitar Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar dan hasil penjualan setiap tahunnya sekitar Rp 2,5 milyar hingga Rp 50 milyar.
Menjamurnya marketplace di era digital ini bisa menjadi sebuah jalan bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya meski usaha yang mereka jalani masih berskala kecil sekalipun. Namun perlu dicermati pula marketplace seperti apa yang dapat menjadi jalan bagi para pelaku usaha tersebut untuk memasarkan produknya lebih luas lagi.

Sayangnya saat ini, baru sekitar 8% UMKM yang telah menggunakan platform marketplace untuk memasarkan produk mereka. Rendahnya angka tersebut dapat disebabkan oleh belum meratanya sarana prasarana yang dimiliki UMKM, atau juga belum meratanya kesadaran teknologi bagi para UMKM disetiap daerah. Padahal saat ini, mayoritas orang lebih senang berbelanja online via marketplace daripada datang langsung ke tokonya. Maka dari itu, kesiapan para pelaku usaha hingga barang yang akan dipasarkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas juga tetap harus diperhatikan.

Bapak Harry Irawanto (Founder dan COO yulibu.com)


Kamis, 30 Januari 2020 yulibu.com mengajak para pelaku UMKM untuk bergabung menjadi mitra mereka. Ada yang sudah dengar yulibu.com? Berdasarkan pemaparan Bapak Harry Irawanto selaku Founder dan COO Yulibu.com, yulibu.com merupakan sebuah online marketplace dengan target pasar global. Dengan memiliki visi menjadi pemimpin e-commerce di pasar global yang terpercaya untuk memenuhi kebutuhan para mitra dengan cepat dan mudah. Serta misi memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan mitra UKM, membangun hubungan di antara kebutuhan mitra, dan membantu UKM sebagai mitra untuk lebih maju dan berkembang. Yulibu.com juga memiliki komitmen menawarkan barang-barang unik dengan kualitas terbaik, meningkatkan inovasi pelayanan dari waktu ke waktu, dan menjamin sistem transaksi antar mitra aman dan terpercaya. Yulibu.com mulai berdiri tahun 2016 dengan target pasar global, jadi tak hanya menargetkan pasar dalam negeri saja. Hingga saat ini, transaksi tertinggi yakni berasal dari Amerika, Eropa, baru kemudian Asia.



Dalam acara tersebut sekitar 125 UMKM siap bergabung untuk menjadi mitra yulibu.com dengan membawa sampel produk masing-masing. Seluruh produk pada dasarnya bisa dipasarkan di yulibu.com dengan catatan produk tersebut sudah siap masuk pasar luar negeri. Produk juga diusahakan memiliki keunikan tersendiri, merupakan produk buatan sendiri dan dijamin keasliannya. Misalnya jika berjualan batik, usaha produk batik yang dijual merupakan batik tulis bukan batik printing. Ada satu hal yang menarik perhatian ketika acara ini berlangsung, ternyata produk koyo dan balsam dari merek ternama dari Indonesia laris manis terjual di luar negeri dengan harga yang sangat fantastis. Oh ya, di yulibu.com penjualan dilakukan dengan mata uang dollar. Namun hingga saat ini yulibu.com baru hanya membantu pemasaran produk hingga proses ekspor saja, selebihnya proses tetap dilakukan oleh seller itu sendiri.

Sejauh ini, para pelaku UMKM yang akan menjadi mitra yulibu.com dapat melakukan pendaftaran sendiri melalui website yulibu.com. Cara daftarnya mudah kok, tinggal klik ‘Register As Seller’ kemudian isi data yang dibutuhkan, kemudian ikuti tahap-tahap selanjutnya.


Yulibu.com memiliki kantor yang bertempat baik di dalam maupun di luar negeri.

PT. Yulibu Nusantara International
Satrio Tower 6th Floor Unit 1
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav C4, Kuningan
Jakarta Selatan 12950

Yulibu International
16192 Coastal Highway, Lewes, Delaware 19958
United States

Untuk para pelaku UMKM, di tahun 2020 ini tak ada salahnya mulai memikirkan untuk memperluas pemasaran produk bahkan hingga keluar negeri. Mengingat ada banyak keuntungan menjual produk di global marketplace yakni diantaranya dapat meningkatkan penjualan, mengakuisisi pelanggan baru, dan banyak orang yang senang berbelanja melalui marketplace. Cakupannya tak hanya dalam negeri lagi, tapi bisa hingga keluar negeri.

18 komentar:

  1. Jadi ini tuh merupakan market place khusus pengusaha UMKM ya mbak, wah asik nih jadi bisa cek langsung kesana ya. Pasti banyak sekali produk UMKM Indonesia yang yahud-yahud nih.

    BalasHapus
  2. Keren banget nih Yulibu.com, saya baru dengar loh.
    Memanfaatkan marketplace khusus kayak gini memang jadi sebuah sisi positif bagi produk UMKM ya, karena iyes banget, orang-orang sekarang lebih tertarik berbelanja di marketplace karena merasa lebih aman :)

    BalasHapus
  3. Yulibuk.com bisa mempertemukan pengusaha umkm seluruh indonesia ya, semoga saya juga bisa memiliki usaha umkm sendiri..jadi tambah semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren ya bs jual sampai luar negeri. saya kudu kreatif nih biar punya jualan yg bs dipajang di yulibu.com

      Hapus
  4. Baru tau yulibu.com
    Senangnya kalo ikut jualan di sini.. karena pasar nya gak sebatas dalam negeri ya. Bisa tembus ke luar negeri..

    BalasHapus
  5. Inilah impian semua umkm bisa memasarkan produk secara global.

    Mengaet pasar yang lebih luas agar produk di kenal di masyarakat lewat yulibu

    BalasHapus
  6. Semoga makin banyak ya acara spt ini
    Biar yg lokal bs go global

    BalasHapus
  7. yulibu bakal membantu UMKM mendunia. Dan tumbuh membesar di era pasar global. Keren ini!

    BalasHapus
  8. Kalau produk sudah punya ke khas-an alias unik dan asli buatan sendiri, itu mah bisa meluas pangsa pasarnya, karena bakal mudah diingat

    BalasHapus
  9. Waah makin banyak inovasi anak muda untuk parse pelaku UNKM yang memang sangat layak dibantu. Semoga berkesinambungan.

    BalasHapus
  10. mesti aku share nih tentang yulibu ke beberapa teman penggiat UKM, agar usaha mereka makinmaju

    BalasHapus
  11. salah satu kelemahan UMKM emang di pemasaran, mereka butuh dukungan untuk ini, untung ya ada Yulibu yang peduli.. suka gemas liat UMKM yang produknya bagus tapi pemasarannya lemah

    BalasHapus
  12. Dengan adanya YULIBU.COM para pelaku usaha nggak perlu khawatir lagi ya.
    Mengingat sekarang semua orang suka berbelanja dengan cara yang simple dan nggak ribet.

    Apalagi produk tak hanya dijualkan didalam negeri,tapi luar negeri juga. Itu berarti membuka kesempatan besar agar produk yang dijual semakin meluas pemasarannya.

    BalasHapus
  13. wah keren banget Yulibu.com support UKM lokal untuk bisa memasarkan produknya bahkan sampai ke luar negeri, mau aku coba infoin ke adikku juga ah karena kebetulan suka bikin produk aksesoris juga, hehe. Terimakasih sharingnya ya mbaa :)

    BalasHapus
  14. Aku baru tau nih tentang yulibu.com . Keren dhe, market place untuk umkm. Ngebantu banget buat para umkm agar usahanya lebih berkembang

    BalasHapus
  15. Inovasi yg sangat membantu pelaku industri umkm nih. Memudahkan mereka untuk memasarkan produknya supaya bisa berkembang. Keren.

    BalasHapus
  16. Keren banget mba yulibu.com ini membantu market place lebih maju lagi yah

    BalasHapus
  17. Sekarang ini semakin bagus dan semakin meningkat UMKM di Indonesia ya. Menjadi wadah kreatifitas masyarakat ya.

    BalasHapus

Lima Tantangan Ramadan yang Ingin Aku Jadikan Kebiasaan

Tiap bulan ramadan tiba rasanya senenggg banget. Seneng karena masih diizinkan Allah SWT ketemu sama bulan ramadan lagi. Waktu bergulir, kir...