Jelang Hari Raya Idul Adha, Yuk Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa


Jam berganti hari, bulan berganti tahun. Nggak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H. Rasanya baru kemarin kita merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H, tapi ternyata udah setahun yang lalu. Kalo ngomongin tentang Hari Raya Idul Adha, pasti identik dengan berkurban.
“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al-Hajj : 34)
Secara harfiyah kurban adalah hewan sembelihan. Sementara ibadah kurban adalah ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan salah satu bagian dari syariat islam. Nggak sembarang hari bisa dijadikan hari berkurban, berkurban hanya dilaksanakan dihari tertentu yaitu Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah dan Hari Tasyrik pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Begitu juga nggak semua hewan ternak dapat dijadikan hewan kurban, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar hewan tersebut bisa dijadikan hewan kurban. Syarat-syarat tersebut diantaranya :
  1. Hewan kurban berupa hewan ternak seperti unta, sapi, dan kambing
  2. Hewan kurban telah sampai usia yang dituntut syariat yakni unta berusia 5-6 tahun, sapi berusia 2 tahun, kambing berusia 1-2 tahun, dan domba berusia 6 bulan.
  3. Hewan kurban bebas dari cacat

Harus diingat juga, hewan kurban harus milik orang yang akan berkurban tersebut, bukan hasil curian atau hewan gadai. Hukum menyembelih hewan kurban yakni sunnah muakad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Pasti akan selalu menjadi impian setiap umat muslim untuk bisa berkurban setiap tahunnya. Tapi semua itu kembali lagi pada kondisi ekonomi masing-masing umat muslim. Apalagi dimasa pandemi ini, diluar sana banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaannya.

Nah, bagi kita yang ingin berbagi kebaikan, bersedekah saat menjelang Hari Raya Idul Adha ini adalah langkah yang sangat tepat. Meski berbagi kebaikan bisa dilakukan kapan saja, tapi jika ada peluang untuk berbagi kebaikan dengan sesama di depan mata, kenapa nggak? 

Salah satu sedekah yang bisa kita lakukan adalah Sedekah Daging bersama Dompet Dhuafa. Sedekah Daging ini merupakan program Dompet Dhuafa yang mengajak umat muslim yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban namun tetap ingin berbagi kebaikan dan membantu masyarakat kurang mampu agar turut merasakan berkahnya daging kurban, terutama masyarakat di wilayah pelosok. Sedekah Daging ini dapat dilakukan dengan cara berdonasi atau sedekah senilai mulai dari Rp 100.000.

Gimana cara sedekahnya? Mudah banget kok, tinggal buka link https://dmptdf.com/sedekahdaging terus tinggal ikuti langkah-langkahnya. Nanti donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban dan akan disalurkan ke pelosok nusantara.

Oh ya, sedekah daging ini apa bisa disamakan dengan berkurban? Sedekah daging berbeda dengan berkurban. Sedekah daging ini termasuk kedalam ibadah sedekah bukan ibadah berkurban, meskipun nantinya sedekah ini akan dikonversikan menjadi hewan kurban karena niat dan akadnya berbeda.

Yuk, menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, mari kita berbagi kebaikan untuk sesama. Kebaikan yang kita bagikan bisa jadi sumber kebahagiaan untuk mereka.

Komentar

  1. Yang blm bisa kurban, tidak ada salahnya ikut sedekah daging ini ya. Kalau kondisi sudah kembali normal, mungkin berkurban akan lebih leluasa pula dilakukan kaum Muslimin dan Muslimat

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mengingatkan berkurban. Semoga dimampukan tahun ini meski dalam masa pandemi, ya

    BalasHapus
  3. Masya Allah, dompet dhuafa memang oke. Bisa ada wadah berkurban walau belum mampu berkurban. Semoga jadi sarana buat orang-orang yang ingin beramal

    BalasHapus
  4. Ibarat latihan dulu ya mbak... meski mungkin belum mampu beli hewan qurban, tapi sedekah qurban bisa jadi alternatif bagi yang ingin berbagi. Insya Allah tetap berkah :D

    BalasHapus
  5. Bagus sekali mbak programnya, menjembatani bagi yang ingin bersedah daging saat iduladha. Kalau di daerah saya ada program tabungan kurban. Jadi tiap bulan menyisihkan rp 100.000 untuk kurba. Kalau masih kurang, di akhir periode tinggal nambah sedikit, jadi gak terlalu berat.

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, dengan program sedekah daging ini keluarga yang belum mampu beli hewan kurban sendiri tetap bisa membantu untuk menyediakan daging untuk keluarga yang membutuhkan. Programnya Dompet Dhuafa ini luar biasa.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, dengan program sedekah daging ini keluarga yang belum mampu beli hewan kurban sendiri tetap bisa membantu untuk menyediakan daging untuk keluarga yang membutuhkan. Programnya Dompet Dhuafa ini luar biasa.

    BalasHapus
  8. Programnya bagus. Meski tidak dimampukan berkurban tahun ini bisa sedekah. Barokallahu

    BalasHapus
  9. Pandemi ini terasa sekali efeknya. Baru tahun ini gak dapat daging qurban dari kantor suami. Gak ada yang qurban, katanya. Semoga tahun depan bisa berqurban. Agar berbagi kepada saudar muslim lain yang membutuhkan.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, tahun ini bisa kurban. Semoga dagingnya bisa membawa kebahagiaan buat sesama juga.

    BalasHapus
  11. Sedekah daging kurban ini bagus banget ya jd buat yg belum ada dana berkurban sesuai ketentuan syar'i nya bs tetap berdonasi melalui program sedekah kurban ini ya

    BalasHapus

Posting Komentar