Jumat, 17 Maret 2023

BLOGGERDAY 2023 : Semangat Menjadi Seorang Blogger yang Kredibel Bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia

 


Menjalani dua pekerjaan sekaligus yang keduanya aku sukai adalah anugerah buatku, bersyukur banget rasanya. Jujur kalo disuruh milih salah satu, beneran nggak bisa milih. Justru karena keduanya aku sukai, bawaannya jadi pengen terus ningkatin pengetahuan, kemampuan, dan profesionalisme dalam menjalani kedua pekerjaan tersebut.

Yups, sehari-hari aku menjalani pekerjaan utama sebagai bagian keuangan di salah satu perusahaan, sementara pekerjaan sampinganku yaitu menjadi seorang blogger. Meski sebagai pekerjaan sampingan, menjadi seorang blogger adalah pekerjaan yang nggak bisa aku sepelekan. Aku merasa tetap perlu ningkatin pengetahuan, kemampuan, dan profesionalisme sebagai seorang blogger.

Nah, pas banget beberapa waktu lalu aku ikutan acara BloggerDay 2023 bareng Komunitas Bloggercrony Indonesia dalam rangka memperingati ulang tahun ke-8 Komunitas Bloggercrony Indonesia. Sebelum cerita lebih jauh, kenalan dulu yuk sama Komunitas Bloggercrony Indonesia.


Tentang Komunitas Bloggercrony Indonesia

Komunitas Bloggercrony Indonesia berdiri pada tanggal 24 Februari 2015. Pada tahun 2018 Komunitas Bloggercrony Indonesia telah mendapat legalitas dari Kemenkumham RI, wah keren banget ya? Hingga saat ini Komunitas Bloggercrony Indonesia tercatat memiliki anggota sekitar 2500 blogger dari seluruh Indonesia, diantaranya 450-800 blogger aktif yang tersebar dari Aceh hingga Papua dengan niche blog yang beragam yakni lifestyle, parenting, family, health, beauty, travel, food, automotive, technology, financial, hingga fashion.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Komunitas Bloggercrony Indonesia punya berbagai program menarik untuk para anggotanya, sebut saja BloggerCare, BloggerView, BloggerHangout, BloggerDay, dan BloggerPreneur. Nggak hanya itu, program harian di grup Whatsapp pun beragam dan pastinya sangat mensupport para blogger agar bisa terus meningkatkan kemampuannya dalam mengelola blog maupun media sosial yang dimiliki.

Jadi inget waktu awal-awal bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia ini. Satu hal yang berkesan banget dalam ingatanku yaitu para pengurus Komunitas Bloggercrony Indonesia ramah dan welcome banget, menyampaikan pesan dengan sangat baik, jadinya aku yang anggota pasif alias silent reader ini bisa tetep merasa nyaman berada di komunitas ini, hehe. Dari Komunitas Bloggercrony Indonesia ini aku nggak hanya dapat ilmu dan wawasan aja, tapi juga alhamdulillah beberapa kali dapet job nulis ataupun konten media sosial yang fee-nya bisa banget aku tabung. Saat proses menyelesaikan job dari Komunitas Bloggercrony Indonesia, aku melihat banyak hal yang bisa aku pelajari juga. Misalnya gimana caranya biar nggak ngecewain klien, saling support antara sesama blogger bahkan komunitas agar job terselesaikan dengan baik, bahkan etika berkomunitas juga. Lambat laun hal baik tersebut jadi terbawa juga ketika aku mendapat job nulis ataupun konten media sosial dari pihak lain.

 

BloggerDay2023

BloggerDay merupakan sebuah acara tahunan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia. Ini kali pertama aku mengikuti BloggerDay setelah tahun-tahun sebelumnya ada aja halangan yang bikin aku gagal ikut BloggerDay. Tahun ini BloggerDay diadakan secara hybrid yaitu online dan offline. Sebenernya pengen banget ikutan yang offline, waktu pertama tahu bakalan ada BloggerDay offline udah semangat banget dan siap-siap nabung biar bisa ikutan, hehe. Tapi ternyata belum rezeki karena ada pekerjaan lain yang nggak bisa aku tinggalkan. Tapi sedihku berkurang karena ternyata aku masih bisa ikutan BloggerDay online.

Seratus blogger terpilih mengikuti keseruan Kick Off BloggerDay 2023 online pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2023 pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Karena Jumat masih hari kerja, jadi buru-buru deh pulang kerja langsung bersih-bersih, makan malam, dan beresin kerjaan rumah yang masih tertinggal biar bisa fokus nyimak acaranya. Meski online via zoom tapi acaranya meriah banget. Oh ya, BloggerDay 2023 ini bertema Skill Set Up. Nggak bisa dipungkiri bahwa saat ini teknologi makin canggih aja. Sebagai seorang blogger yang dunia kerjanya sangat dekat pula dengan dunia teknologi, maka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan adalah sebuah keharusan. Nggak lupa dibarengi pula dengan sikap professional karena kredibilitas seorang blogger nggak hanya dinilai dari pengetahuan dan kemampuannya aja, tapi juga sikap profesionalnya.

Apapun pekerjaan yang kita jalani, kemauan untuk terus belajar harus tetap kita miliki. Dunia semakin berkembang, jadi kalo kita malas mempelajari hal baru udah pasti kita akan tertinggal. Pahami skill set apa saja yang harus kita miliki untuk mendukung pekerjaan yang kita jalani.

Acara BloggerDay 2023 selesai sampai situ aja? Tentu nggak dong. Untuk yang mengikuti BloggerDay offline, dilanjutkan dengan Fun Camp pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 4-5 Maret 2023 di Puncak Halimun Camp. Ngintip dari google maps duh cakep banget nih tempatnya buat nge-camp. Trus kepoin Instagram Komunitas Bloggercrony Indonesia selama nge-camp juga kayaknya seru banget. Moga kedepannya kalo ada lagi acara serupa aku bisa ikutan, aamiin.

Buat temen-temen yang mau ngepoin akun Instagram dan Twitter Komunitas Bloggercrony Indonesia bisa banget cek @bloggercrony ya.

Sukses terus untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia, semoga bisa menjadi komunitas blogger Indonesia yang semakin besar. Terimakasih telah memberi ruang untuk terus belajar dan bertumbuh.

Oh ya, diawal aku bilang “Menjalani dua pekerjaan sekaligus (keuangan dan blogger) yang keduanya aku sukai adalah anugerah buatku, bersyukur banget rasanya”. Tapi dipikir-pikir setelah bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia ini, nambah lagi satu anugerah buatku. Menjadi bagian dari Komunitas Bloggercrony Indonesia juga anugerah yang aku syukuri banget karena aku bisa mempelajari banyak hal baik dari komunitas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fashion-Forward Activewear Trends for Women

Activewear has evolved from boring training clothes to a fashion statement that perfectly combines style and utility. Are you fitness lover ...