Mengintip Keseruan JAKHUMFEST 2020 Bareng Para Millenial


Tahun 2020 ini pengen bikin resolusi untuk lebih banyak datang ke acara-acara yang berfaedah biar makin memacu semangat untuk jadi lebih baik lagi. Kebetulan weekend kemarin ada acara keren yang menarik perhatianku banget sampe bela-belain berangkat dari Bandung menuju Jakarta (eh sambil jalan-jalan juga sih, hehe).

Yups, weekend kemarin tepatnya Minggu, 26 Januari 2020 aku ikutan acara Jakhumfest 2020 yang berlokasi di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Jakhumfest atau Jakarta Humanity Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Jakhumfest pertama kali digelar pada tahun 2019, jadi tahun ini merupakan event kedua.

Jakhumfest mengajak para millenial agar lebih peduli pada isu-isu sosial, kemanusiaan, dan lingkungan yang dikemas dengan rangkaian aktivitas seru dan nggak ngebosenin. Rangkaian acara Jakhumfest kali ini diantaranya Humanity Exposure, HumaniTalk, HumaniTalk Ngulik Berkah, Workshop Melukis Payung, Preloved Charity Bazaar, sampai acara puncak yaitu Sound of Humanity. Selain itu, di event tersebut hadir pula para public figure yang kompeten di bidang masing-masing yang peduli dengan tema Jakhumfest.

Kurang lebih pukul 09.00 pagi aku sudah berada di lokasi, tapi aku sengaja berkeliling terlebih dahulu, barulah setelah itu mendekati meja registrasi, hehe. Aku masih punya cukup waktu untuk berkeliling sebelum acara dimulai tepat pukul 10.00 pagi. Kalo tadi aku berkeliling di bagian luar lokasi, kali ini aku berkeliling di bagian dalam lokasi. Dari mulai pertama registrasi tadi mataku langsung teralihkan pada foto-foto yang memuat aktivitas para relawan Dompet Dhuafa. Pun ketika aku berkeliling di bagian dalam lokasi ternyata masih banyak foto-foto yang memuat aktivitas relawan Dompet Dhuafa di tempat berbeda. Hingga sampailah diujung lokasi, ternyata ada juga Bazaar yang menjual barang-barang preloved dari banyak public figure dengan kondisi yang masih sangat bagus. Foto-foto yang memuat aktivitas relawan Dompet Dhuafa serta Bazaar tadi ternyata merupakan bagian dari rangkaian event Jakhumfest kali ini.

humanity exposure

humanity exposure

Humanity Exposure yang merupakan pameran foto aktivitas relawan Dompet Dhuafa. Ini yang dari pertama aku datang udah menarik perhatianku. Sambil liat-liat fotonya, jadi bisa tau apa aja aktivitas para relawan Dompet Dhuafa sekaligus introspeksi diri juga.

preloved charity bazaar

Preloved Charity Bazaar yang menjual barang-barang preloved dari banyak public figure diantaranya Jessica Iskandar, Sandra Dewi, Ayu Gani, Alodita, Junior Liem, dan masih banyak lagi. Hasil penjualan dari Bazaar ini nantinya akan didonasikan dalam program kemanusiaan dan lingkungan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Asik banget kan, bisa belanja sekaligus beramal.

dua kakak MC yang seru banget

pembukaan Jakhumfest 2020 oleh Bapak drg. Imam Rullyawan

Tibalah mulainya acara dengan sapaan dua kakak MC yang bikin acara dijamin pasti seru sampe akhir nanti. Acara dimulai dengan sambutan dari Mbak Etika Setiawanti selaku General Manager Marketing Communication Dompet Dhuafa. Kemudian acara Jakhumfest 2020 dibuka secara resmi oleh drg. Imam Rullyawan selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa. Selanjutnya ada Kak Marsya Nurmaranti selaku Executive Director Indorelawan yang menjelaskan betapa pentingnya menjadi seorang relawan. Disini aku kayak diingatkan lagi, dari beberapa tahun yang lalu udah ada niat pengen ikut kegiatan kerelawanan tapi belum terealisasi juga, mudah-mudahan tahun ini terealisasi, aamiin.

Kak Marsya dari Indorelawan

Rangkaian acara selanjutnya pun tiba, yakni HumaniTalk Youth for The Earth yang fokus membahas mengenai isu lingkungan. Menghadirkan empat pembicara yang keren banget dan kompeten dibidangnya, diantaranya Kak Dhiti Sofia selaku Manager Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Kak Dila Hadju selaku Founder Tumbuh Hijau Urban, Kak Swietenia Puspa selaku Founder And Executive Director Divers Clean Action, dan Pak Syamsul Ardiansyah selaku Manager Lingkungan Dompet Dhuafa.

humanitalk : youth for the earth

Sedikit aku bahas mengenai beberapa LSM tadi, ada Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik yang merupakan perkumpulan nasional yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Kampanye yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang berlebihan, bukan kampanye yang melarang penggunaan kantong plastik secara total. Jadi sedikit demi sedikit tapi konsisten ya. Ada juga Tumbuh Hijau Urban yang merupakan kegiatan komunitas yang lebih fokus pada anak-anak muda, terutama remaja usia sekolah karena kesadaran akan menjaga lingkungan perlu ditumbuhkan dari sejak dini. Kemudian ada juga Divers Clean Action yang berfokus pada masalah yang ada di laut, LSM ini telah melakukan penelitian bersama beberapa universitas mitra, fasilitator pengembangan masyarakat pesisir, program kolaborasi lingkungan dengan lembaga penyelaman, kampanye dan juga pelatihan.

Ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan mulai dari diri sendiri untuk turut menjaga lingkungan. Seperti misalnya mulai membawa tempat makan dan minum sendiri, membawa tas belanja sendiri, menghemat penggunaan listrik dirumah, bahkan anjuran menggunakan kendaraan umum.

humanitalk featuring tokopedia

Break istirahat Sholat Dzuhur sekitar satu hingga satu setengah jam, kemudian acara dilanjutkan dengan HumaniTalk featuring Tokopedia dengan tema Ngulik Berkah “Bagi-Bagi Kebahagiaan dan Indonesia Siap Siaga” yang menghadirkan Pak Awaluddin selaku General Manager Pengurangan Resiko Dompet Dhuafa, Pak Adhe Indra Saputra selaku Relawan Kemanusiaan Dompet Dhuafa dan Chiki Fawzi yang juga pernah mengikuti kegiatan kerelawanan bersama Dompet Dhuafa. Ada banyak kisah inspiratif yang aku dapatkan dari sini. Dari mulai menjawab pertanyaan apa makna bahagia bagi diri kita, yang ternyata makna bahagia itu luas nggak hanya untuk diri kita sendiri tapi juga mampu berbagi dengan sesama. Di sesi ini hadir pula Pak Iman Cinderamata selaku Head of Category Development Tokopedia yang menjelaskan mengenai fitur Tokopedia Salam. Berdonasi semakin mudah dengan adanya fitur Tokopedia Salam karena Tokopedia telah bekerjasama pula bersama Dompet Dhuafa.

Rangkaian acara Jakhumfest 2020 ini nggak selesai sampe disitu, tapi masih berlanjut dengan Workshop Melukis Payung bersama Chiki Fawzi featuring Wardah Beauty. Hingga acara puncak yakni Sound of Humanity yang menghadirkan Navicula, Chiki Fawzi, dan V1mast. Oh ya, khusus acara Sound of Humanity ini dikenakan biaya tiket sebesar Rp 50.000, masih terjangkau kan? Sementara rangkaian acara selain Sound of Humanity yang udah aku ceritain tadi tidak dikenakan biaya alias gratis. Hasil penjualan tiket dari Jakhumfest 2020 ini akan didonasikan dalam program kemanusiaan dan lingkungan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa juga. Seru banget kan, dengan datang ke acara ini kita bisa seru-seruan bareng temen, dapet ilmu baru, plus bisa sekaligus berdonasi.

Pulang ke rumah happy banget deh karena banyak banget hal berfaedah yang aku dapatkan dari event Jakhumfest 2020 ini. Semoga kalo tahun depan ada event serupa lagi, aku bisa ikutan lagi, aamiin.

Komentar

  1. wah seru banget ya kak acaranya, berfaedah banget kaka. Apalagi melukis bareng kak chiki fauzi . Melukis payung huaaaa seru pasti mbaaaa

    BalasHapus
  2. Berfaedah pisan teh, nggak sia-sia ya dari Bandung datang ke Jakarta buat hadir Jakhumfest 2020. Rangkaian acaranya bener-bener nggak boleh ke skip, nambah ilmu, nambah kesadaran juga untuk peduli sesama dan lingkungan yah.

    BalasHapus
  3. Wihh beneran adanya di M bloc ya kak? Aku mau kesana juga nih karena tempatnya lagi hits juga katanya hihi.

    Keren bgt si kakak dari bandung ke jkt untuk datang ke acara yg sangat mengedukasi bagi aku, hem jadi maluu aku sendiri dari kaum milenial malah ga sempat datang kesana huhu:(

    BalasHapus
  4. Ternyata Dompet Dhuafa punya program jakhumfest ini ya. Baru tahu. Acaranya seru dan sangat menarik. Kalau ada di kotaku rasanya pengen ikutan juga 😆

    BalasHapus
  5. Wow Dompet Dhuafa kekinian banget, bikin acara di M Bloc hehe. Bagus sekali, aku rasa pendekatan-pendekatan seperti ini akan lebih mudah untuk menggaet anak-anak muda. Ada thrift store pula ya..

    BalasHapus
  6. Wah, program Jakhumfest ini punyanya Dompet Dhuafa ya. Keren juga bikin acara seperti ini, bisa membangkitkan jiwa dermawan para milenials.

    BalasHapus
  7. Wah ada penjualan barang preloved juga dr artis2 ya hehe. Seru nih acaranya apalagi ada talkshow yang bisa menambah pengetahuan ya. Sayang kmrn gk bisa datang krn pas ke luar kota

    BalasHapus
  8. Q pernah lihat ko.unitasnya cuman belum pernah bergabung

    BalasHapus
  9. Aku penasaran banget sama event ini, semoga aja di Surabaya juga ada event ini biar gak jauh-jauh kalo mau dateng🤭

    BalasHapus
  10. Seemoga dimudahkan mencapai resolusinya ya Kak. Aku juga datang ke event ini kemarin hehe sangat berfaedah, bener bener bikin makin melek soal kerelawananan dan lingkungan

    BalasHapus
  11. Acaranya seru dan dilaksanakan di tempat yang seru juga.. hasilnya juga sangat menyenangkan ya.. event ini bakal jadi event tahunan dompet dhuafa ya.. keren deh, semoga tahun depan aku bisa ikutan juga ah.. kegiatannya berfaedah banget

    BalasHapus
  12. Kayaknya Jakhumfest perlu diadain di kota-kota lain biar vibesnya nyampe ke seluruh anak muda Indonesia, ya nggak sih?

    BalasHapus
  13. Acaranya seru banget ya Mbak. Banyak jenisnya pula. Moga acara kayak gini bisa dilaksanakan di tempat-tempat lain juga biar semua bisa dapat ilmunya juga nih.

    BalasHapus
  14. Saya tahun lalu gagal datang ke jakhumfest, tahun ininberhalangan hadir lagi😢.
    Event sarat manfaatnya Dan tempatnya hiip👍

    BalasHapus

Posting Komentar