Trip to Jogja

Ini pengalaman seru aku dan teman-temanku waktu traveling ke Jogja ala ala backpackeran ;-)

Sekitar bulan juni lalu aku baca status temen KKN ku semasa kuliah S1 dulu yang katanya pengen ke Jogja, iseng-iseng aku komen pengen juga kesana tapi dalam pikiran ngeblank banget gatau harus kapan kesana dan gimana, secara kalo traveling jauh orang lain yang nyiapin sedangkan aku tinggal berangkat aja, haha.. Nah temen KKN ku yang lainnya yang emang udah sering traveling komen ngajakin juga, jadi lah akhirnya kita bertiga punya rencana traveling ke Jogja sebulan kemudian, kita komunikasi via Line buat bikin planing ntar bakal kayak gimana, sempet ketemu juga buat mastiin dan bagi-bagi tugas. Aku kebagian tugas pesen tiket pulang pergi. Kita berangkat hari Jumat, 22 Juli 2016 dan pulang hari Senin, 25 Juli 2016.

Disini aku mau bahas soal apa aja yang harus dipersiapkan kalo mau traveling terlebih travelingnya pake kereta api ya, yang harus kita perhatiin selama mau traveling adalah...
  • Tentuin dulu mau berangkat kapan, cocokin jadwal keberangkatan sama jadwal kamu juga jadwal temen kamu, biar pas sama-sama hari libur gitu deh..
  • Tentuin mau naek apa ke tempat tujuan kamu, pesawat, kereta api, bus, atau jalan kaki? wkwkwk (aku dan temen-temenku ke Jogja naek Kereta Api)
  • Cek ketersediaan tiket transportasi yang udah kamu tentuin, masih ada kursi kosong atau jangan-jangan udah abis, kalo ternyata persediaan kursi udah mulai menipis, cepet-cepet kamu pesen tiketnya, karena kita gatau tuh tiket bakalan abis cepet atau enggak. Kayak pengalaman aku ke Jogja ini, untung aku segera pesen tiket kereta api dua minggu sebelum hari-H, karena ternyata seminggu sebelum hari-H tiket udah abis bis bisss!!!
  • Bikin itinerary mulai dari berangkat sampe pulang mau gimana dan ngapain aja, tujuannya biar selama di tempat tujuan kamu bener-bener udah pasti punya tujuan kemana aja dan hal apa aja yang kamu lakuin, trus biar jelas perkiraan waktunya dan biar ga bingung juga. Nah buat nentuin itinerary ini kamu harus searching dulu jarak dari satu tempat ke tempat lainnya gimana, biayanya berapa, dll
  • Cari hotel dimana kamu bakal nginep, bisa googling mulai dari fasilitasnya kayak apa, harganya berapa, aman atau engga, akses menuju kesana gimana, lokasinya dimana, dll semua tersedia di google, hahaha.. Disarankan pesen hotel jangan pas hari-H ya, kan ga enak juga kalo kamu udah jauh-jauh datang pas nyampe sana ga ada kamar yang kosong, ribet kan kalo harus ngedadak nyari hotel lagi.
  • Tentuin alat transportasi selama di tempat tujuan kamu mau pake apa, mau pake kendaraan umum semacam angkot, damri, becak, ojek, atau jalan kaki sekalipun. Pengalamanku ke Jogja kemarin nyarter/nyewa mobil plus drivernya, dari segi waktu kalo nyarter mobil lebih menguntungkan yaa.. Kontak segera pihak yang nyewain mobilnya, tentuin buat tanggal berapa, tujuan kita kemana aja, dan pastinya nego harga dong.. hehe..
  • Dan yang paling penting adalah tentuin budget yang bakal kita keluarin berapa, sesuain dengan kondisi keuangan kita, jangan sampe pulang traveling dompet dan rekening kita bangkrut yaa.. hihihi...
Aku ceritain pengalamanku yang kebagian tugas pesen tiket yaa..
Sekitar dua minggu sebelum berangkat aku pesen tiket kereta api ekonomi (kan ceritanya ala ala backpackeran yaa.. hehe)
  • Kereta Api Kahuripan (nomor 182 - Stasiun Kiaracondong menuju Stasiun Lempuyangan) dengan jadwal keberangkatan hari Jumat, 22 Juli 2016 pukul 20.00 WIB dan tiba hari Sabtu, 23 Juli 2016 pukul 04.42 WIB. Harga tiket Rp 84.000/orang.
  • Kereta Api Kahuripan (nomor 181 - Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Kiaracondong) dengan jadwal keberangkatan hari Minggu, 24 Juli 2016 pukul 18.58 WIB dan tiba hari Senin, 25 Juli 2016 pukul 03.32 WIB. Harga tiket Rp 84.000/orang.
Buat yang sering pergi-pergian pake kereta api pasti ga asing lagi ya cara pesen tiketnya gimana, tapi buat yang baru pengalaman, semoga tulisanku ini bermanfaat :-)
  • Kamu bisa pesen tiket kereta api di www.kereta-api.co.id, di halaman utama pilih Reservasi Tiket
  • Masukkan tanggal keberangkatan, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan dan jumlah penumpangnya, lalu klik Tampilkan
  • Pilih mau pake kereta api yang mana sesuai jam keberangkatan yang tersedia, cek kursi kosong yang tersedia tinggal berapa, lalu klik Booking, kemudian akan ditampilkan rencana keberangkatan kita secara detail, centang kotak paling bawah dan klik Lanjutkan
  • Di halaman pembayaran akan ditampilkan detail jumlah yang harus kita bayar, pilih pembayaran mau pake ATM atau Kartu Kredit (ada banyak pilihannya kok). Waktu itu aku bayar di Alfamart terdekat. Kamu bisa milih tempat duduk yang kamu inginkan mau tetep di kursi yang disediain atau mau pindah tempat duduk dengan klik Pindah. Udah gitu klik Selanjutnya.
  • Isi data diri sesuai KTP dan isi juga data temenmu sesuai KTPnya juga kalo berangkatnya rame-rame. Isi kolom Captcha, lalu tekan tombol Selanjutnya.
  • Kemudian ditampilkan informasi detail seluruh data yang kamu isi dari awal tadi, boleh dicetak atau dicatet kode pembayarannya aja.
  • Batas waktu pembayaran tiket paling lambat 3 jam setelah pemesanan, kalo udah lebih dari 3 jam dan kamu belum bayar tiketnya maka kamu harus pesen tiket dari awal lagi. aku bayar di Alfamart dengan menunjukkan kode pembayaran saat pesan tiket online.
  • Kalo udah bayar, kamu bakal dikasih bukti pembayaran tiket (dikirim juga via email). Isinya berupa data diri pemesan, detail perjalanan, detail penumpang, detail pembayaran, konfirmasi pembayaran, dan yang paling penting adalah Kode Booking yang bakalan dipakai buat nukerin tiket di stasiun.
  • Kamu bisa nukerin tiket saat hari-H paling lambat 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api dengan cara cetak mandiri di mesin penukaran tiket, caranya masukin aja kode booking yang ada di bukti pembayaran tadi.

Selama di Jogja karena aku nyarter/nyewa mobil, aku infoin harga sewanya aja yaa.. Yaitu Rp 1.200.000 selama dua hari masing-masing dari jam 06.00 WIB sampe 18.00 WIB, harga tersebut udah termasuk bensin dan uang makan driver yaa. Mobil yang disewa yaitu mobil Avanza, lumayan nyaman kan yaa.. Drivernya tepat waktu pula :-) Oh ya karena aku traveling bareng dua temenku yang totalnya jadi bertiga, jadi biaya sewa mobil kita bagi tiga jadinya Rp 400.000/orang. Murah bukan? kesana kemari dengan ongkos segitu.

Nah buat hotel, kita nginep di hotel sekitar Malioboro tepatnya di Jalan Dagen di Hotel The Packer Lodge, konsep hotelnya unik dan kekinian, bisa banget buat kamu-kamu yang hobi foto-foto. Harganya macem-macem, kita bertiga milih yang harganya Rp 150.000/orang/malem. Fasilitas dalam kamarnya lengkap, ada kasur, bantal, selimut, loker, lemari, handuk, ber-AC pula, tapi kamar mandinya di luar kamar, meskipun gitu, kamar mandinya juga nyaman kok :-) Oh ya harga segitu udah termasuk sarapan pagi juga yaa.. cihuyyy..

Bonus info oleh-oleh, buat kamu yang sayang banget sama keluarga tercinta di rumah yang menanti kepulanganmu dari serunya traveling, dan ga bisa banget kalo pulang ga bawa apa-apa (lebay gue), haha.. Aku beli oleh-oleh kaos buat adikku dan para keponakanku di Borobudur, gatau kenapa, ini penilaianku aja yaa.. menurutku kaos-kaos di Borobudur lebih bagus daripada yang di Malioboro padahal harganya sama, inget, sekali lagi ini penilaianku aja yaaa.. Mungkin dari temen-temen yang tau tempat beli kaos yang bagus dengan harga miring di Jogja boleh dishare, soalnya kan ga mungkin juga kalo aku harus datengin tiap penjual kaos satu satu demi buat nanya harga dan kualitasnya, ngabisin waktu dong! Satu lagi aku beli oleh-oleh khas Jogja yaitu Bakpia, lokasinya gatau di jalan apa yang pasti itu Bakpia 25 namanya, bakpianya enak banget, meskipun ada yang lain yang harganya lebih murah tapi menurutku masih lebih enak Bakpia 25.

Di tulisan selanjutnya aku bakalan cerita selama di Jogja kemana aja..

Happy travelling.. :-)

Komentar