Sabtu, 09 Oktober 2021

Aplikasi Mindtera : Kelola Stress Dalam Pekerjaan dengan Berkesadaran

Rasanya seneng banget waktu minggu lalu tepatnya Jumat, 1 Oktober 2021 aku ikut kelas yang diadakan oleh Mindtera dengan tema Kelola Hidup Lebih Baik dengan Aplikasi Mindtera : Kelola Stress dengan Berkesadaran. Selama ini biasanya aku cuma baca dari akun-akun media sosial aja, tapi kali ini bisa ikutan kelasnya melalui zoom.

Semenjak pandemi, nggak jarang kita dengar seseorang (atau bahkan diri kita sendiri) mulai merasakan stress dengan alasannya masing-masing. Tapi sadar nggak sih kalo jauh sebelum pandemi mungkin aja kita pernah merasakan stress juga? Misalnya stress yang kita alami disebabkan karena pekerjaan. 

Eh tapi apa sih stress itu? Stress merupakan reaksi fisik maupun emosional kita saat menghadapi perubahan-perubahan yang memaksa kita untuk menyesuaikan diri. Stress nggak bisa dianggap remeh, karena kalo kita mengalami stress secara terus menerus tanpa mengelolanya, lama kelamaan akan mencapai tingkat burn out (kelelahan berlebihan secara fisik dan emosional). Yups, stress memang nggak bisa dihindari, tapi bisa dikelola.

Ada tiga tanda yang perlu diperhatikan ketika stress mulai menjadi burn out, yaitu kelelahan, ketidakefektifan, dan sinisme atau depersonalisasi. Sampe di pembahasan ini, semua peserta mengikuti self assessment untuk mengetahui tingkat stress yang sedang dialami. Agak deg-degan waktu mau ngisinya, wkwk. Tapi kepo juga sama hasilnya. Setelah selesai tes yang hanya dua menit tersebut, skorku ada dikisaran 0-40% tapi lupa angka tepatnya berapa, hehe. Ini masih dikategorikan normal lah ya.


*) hal-hal yang menyebabkan stress
*) stress dapat menyebabkan burn out

Yah, memang kuakui sih kalo saat ini rasanya aku udah merasa lebih enjoy menjalani hidup terlebih tentang pekerjaan. Tapi dari self assessment tadi jadi seakan diingatkan ke jaman dahulu kala kayaknya pernah juga merasa stress karena pekerjaan. Rasanya capek banget, iya capek. Capek badan, hati, dan pikiran. Dulu belum paham apa yang seharusnya dilakukan, jadi bukannya pengelolaan tapi malah pelarian sih menurutku, wkwk. Ngapain aja emang waktu dulu stress karena pekerjaan? Belanja, belanja, dan belanja, terus marathon drama korea yang nggak berkesudahan, hehe. Alhamdulillah sekarang udah nggak gitu lagi dong, sekarang kalo inget jaman dahulu kala jadi senyum-seyum aja. Karena dari situ aku bisa mulai belajar menyadari dan menerima apa yang lagi aku rasakan, bukan membohongi diri dengan berkata “aku baik-baik aja” padahal lagi nggak baik-baik aja. Eh kok jadi curhat disini? Udah ah, wkwk.

Nah jadi, gimana cara pengelolaan yang benar kalo kita dilanda stress dalam bekerja? Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengecek kembali motivasi kerja kita. Ada dua tipe motivasi seseorang yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Diantara tipe intrinsik dan ekstrinsik ini nggak ada yang lebih bagus atau jelek kok. Trus kalo misalnya merasa ada diantara keduanya, pasti tetap ada kecenderungan apakah kita termasuk tipe intrinsik atau ekstrinsik.

tipe intrinsik

tipe ekstrinsik

Self awareness udah pasti penting banget ya. Caranya dengan melakukan tiga hal berikut yakni review value hidup, kemudian tentukan strategi untuk mengembalikan keseimbangan antara keduanya, trus harus komitmen terhadap prioritas value dan strategimu. 

Stress karena pekerjaan pasti identik dengan menurunnya produktivitas dalam bekerja. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Aplikasi Mindtera

Oh ya, apa sih Mindtera itu? Jadi, Mindtera ini merupakan aplikasi edukasi pengembangan multiple intelligence atau platform edukasi untuk belajar kecerdasan emosi, sosial, fisik, dan pengembangan diri seputar keluarga, cinta, dan kerja. Aplikasi Mindtera ini juga merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di Indonesia

Selesai mengikuti kelas bersama Mindtera melalui zoom, aku coba ikut beberapa program diaplikasinya Mindtera. Oh ya, aplikasi Mindtera ini punya lima kategori yaitu kategori kerja, cinta, keluarga, fitness, dan self mastery. Di setiap kategori terdapat berbagai program yang bisa kita ikuti. Aplikasi Mindtera ini menurutku praktis dan nggak ngabisin banyak waktu karena terdiri dari program berjenjang nggak lebih dari 5 menit sehari dan dibawakan oleh fasilitator profesional dan berpengalaman. Jadi setiap harinya kita bisa tetap mengikuti program yang kita pilih persesi dan nggak menyita waktu kita untuk aktivitas lainnya. Lalu kita bisa melanjutkan sesi berikutnya keesokan harinya.



Ini pertama kalinya sih aku download aplikasi seperti Mindtera ini, dan ternyata bermanfaat banget karena dengan adanya aplikasi Mindtera ini bisa membantu kelola hidup lebih baik dan semakin sadar bahwa #SemuaBisaDikelola. Buat temen-temen yang mau download juga, bisa banget didownload melalui Android maupun IOS ya. Bisa juga follow akun media sosialnya Mindtera. Yuk mulai sekarang kita jalani kehidupan sehari-hari dengan berkesadaran dan kelola perasaan serta pikiran dengan aplikasi Mindtera.



17 komentar:

  1. Senangnya berkesempatan kenal lebih dekat sama mindtera, ya. Emang keren sih, aplikasinya

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang kayaknya orang-orang memang jadi lebih mudah stress ya. Apalagi ditambah pandemi, beuuhh efeknya kemana-mana banget. Bersyukur ada solusi seperti aplikasi mindterra ini yang bisa membantu untuk release stress

    BalasHapus
  3. Di dunia yg kian complicated ini, kita memang kudu bisa mengelola stres dgn baik ya.
    Makasiii infonya mba
    kapan2 aku butuh buat ceki2 aplikasi Mindtera ini dah

    BalasHapus
  4. berarti stress sekarang bisa ya di terapi melalui aplikasi mindtera hebat dan bagus banget ya aplikasi ini membantu orang untuk menjadi tenang kembali jiwanya

    BalasHapus
  5. Apa yang ada diluar kita mungkin gak bisa kita kontrol kan ya, Mbak Ran? Tapi kalau yang ada dalam diri kita bisa dunk dan harus bisa kita kontrol.

    Aplikasinya menarik lo ini, kaya apa ya kira²? Hmmmm penasaran jadinya

    BalasHapus
  6. Bener banget sih kalau di tempat kerja atau di rumah sekalipun perempuan rentan mengalami stress. Menjaga kesehatan mental itu cukup penting soalnya. Untunglah ada aplikasi Mindtera, pasti banyak yang terbantu dengan aplikasi ini.

    BalasHapus
  7. Semua bisa dikelola, suka deh slogannya. Kategori kelasnya juga lengkap ya di mindtera ini, mulai dari kerjaan sampai keluarga..

    BalasHapus
  8. kadang memang saat kita stress itu pelariannya kalau nggak ke hal yang konsumtif atau melakukan aktivitas lain yang ternyata nggak efektif juga yaa. bagus banget nih sekarang ada aplikasi buat melatih mindfulness kayak mindtera ini agar kita bisa melatih kesadaran kita

    BalasHapus
  9. Stres dalam pekerjaan memang tidak bisa dihindari ya mbak, harusnya memang dikelola dengan baik
    salah satunya dgn berkesadaran setiap melakukan pekerjaan

    BalasHapus
  10. Memang lebih baik kita menyadari dan mengakui kalau kita sedang stress ya mbak. Saya pun saat ini sedang mengalami stress berat di pekerjaan. Ini sya lg install mindtera. Semoga bisa sedikit demi sedikit tercerahkan

    BalasHapus
  11. Sebelumnya perlu banget yaa...memahami sumber stres ini.
    Sehingga ketika meminta bantuan, bisa lebih fokus dan tepat sasaran. Bantuan dari aplikasi mindtera akan selalu siap sedia 24 jam.

    BalasHapus
  12. Wah jadi tertarik pingin kepoin juga Aplikasi Mindtera, terkadang sampai sekarang saya masih suka susah mengelola emosi padahal salah satu tips untuk jaga kesehatan adalah mampu mengontrol emosi dengan baik. Melalui Aplikasi ini, mungkin saya bisa mendapatkan pencerahan untuk menjaga keseimbangan emosi.

    BalasHapus
  13. Wah, kayaknya saya perlu juga ini install aplikasinya dan ikut programnya. terima kasih ya Mbak, infonya.

    BalasHapus
  14. Perlu ya kita self assessment, dengan bantuan apapun, termasuk aplikasi (kalau tidak bisa sendiri) supaya bisa memecahkan masalah dalam diri yang bisa jadi penghalang besar kalau tidak segera diselesaikan.

    BalasHapus
  15. Wah samaan, aku juga kemarin sempet cobain ini. Suka banget bagian pengelolaan stress biar ngga burn out dan tahu batas diri. Keren banget emang aplikasi ini

    BalasHapus
  16. Wah, jangan-jangan selama ini saya juga cuma lari dari stres aja, yaa, bukan mengelola stres. Btw, ini berbayar ngga sih, Mbak?

    BalasHapus
  17. Stress karena tekanan pekerjaan? Akuuu, hahaha ... Kerja di urusan yang nyangkut soal birokrasi memang luar biasa deh stress-nya. Soalnya jalan kuncinya nggak ada sama kita, tapi sama pihak lain, ngiiiik ...

    Biasanya kalau sudah begitu, aku coba menepi, meditasi supaya lebih tenang, lebih bisa berpikir jernih, dan InsyaAllah hasilnya lebih baik. Jadi bisa merespon dengan penuh kesadaran. Ini memang penting banget, sih.

    BalasHapus

Caraku Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim Mulai dari Hal Sederhana dalam Keseharianku

Waktu jaman SD dulu tiap memasuki sekitar Bulan September udah bisa dipastiin kalo saat itu musim hujan dimulai. Sampe inget banget perkataa...