Senin, 21 Maret 2022

Aplikasi InvestasiKu : Kemudahan Belajar dan Berinvestasi Dalam Satu Aplikasi


Lagi pengen bernostalgia ke jaman masih Sekolah Dasar (SD). Dulu sekitar tahun 1996 inget banget waktu kelas 1 SD uang jajanku Rp 300 aja, kemudian baru naik saat kelas 3 SD jadi Rp 500. Cukup buat jajan? Cukup dong. Bisa jajan ciki, gorengan, kue-kue, sampe jajan es teh tapi aku nggak bisa jajan es teh karena nggak diizinin jajan es sama orangtua (curhat, wkwk).

Sekarang di tahun 2022 ini uang Rp 500 bisa buat apa ya? Bayar parkir atau toilet umum aja kayaknya udah Rp 2.000 tuh. Dulu Rp 500 bisa buat jajan beberapa gorengan, sekarang satu buah gorengan aja minimal Rp 1.000 kali ya, apalagi semenjak harga minyak mahal, nggak tau deh jadi berapa, hiks.

Harga Barang Makin Naik
Harga barang yang kian hari kian naik, dan nilai uang yang rasanya makin kecil. Dari situ akhirnya terpikir kayaknya aku nggak bisa nabung biasa aja deh. Karena kalo hanya nabung di rekening biasa, uang yang menurutku saat ini jumlahnya cukup besar bisa jadi kecil juga suatu saat nanti. Ditambah harga barang dan kebutuhan juga makin naik aja. Kalo bahasa kerennya mah ‘inflasi’ cenah. Jadi aku harus bergerak selangkah lebih maju lagi nih. Ngapain? Berinvestasi.

Apa sih investasi itu?
Mengutip dari website OJK, Investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Investasi juga ada banyak jenisnya, misalnya saham, reksadana, obligasi, dan lain-lain. Oh ya, deposito dan emas juga termasuk ke dalam investasi. Jenis-jenis investasi tersebut ada yang masuk ke dalam golongan investasi dengan tingkat resiko rendah dan golongan investasi dengan tingkat resiko tinggi. Sejauh ini aku baru berani investasi yang tingkat resikonya rendah kayak deposito, belum berani nyoba investasi yang tingkat resikonya tinggi kayak saham karena rasanya masih butuh banyak ilmu dan nggak mau asal coba-coba. 

Kenapa Kita Harus Berinvestasi?
Buat aku pribadi berinvestasi bisa jadi salah satu cara membantu perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan aku. Jadi, berinvestasi bukan karena ikut-ikutan trend atau biar dibilang keren tapi karena memang ada tujuannya. Kalo udah jelas tujuan keuangan kita, jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan kita saat ini biar nggak salah pilih jenis investasi. 

Pengen Banget Berinvestasi, tapi...
Aku sadar banget kalo mau berinvestasi nggak bisa mulai gitu aja. Seenggaknya harus punya ilmu yang cukup biar nggak salah langkah nantinya. Ditambah lagi buat orang yang main aman dalam hal keuangan kayak aku, rasanya berinvestasi jadi keputusan yang cukup sulit buatku. Iya dong, uang yang susah payah aku tabung, rasanya nggak rela banget kalo harus raib gara-gara salah langkah dalam berinvestasi. Maka dari itu aku harus punya ilmu yang cukup sebelum mulai berinvestasi.

Aplikasi InvestasiKu
Nah ngomongin tentang investasi, pas banget aku abis ikutan Webinar Keuangan dengan tema “Cerdas Berinvestasi” pertengahan Maret kemarin. Webinar ini diselenggarakan oleh Komunitas ISB dan aplikasi InvestasiKu. Jujur aku baru tau tentang aplikasi InvestasiKu ini yang ternyata merupakan produk dari PT Mega Capital Sekuritas yang udah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi tenang lah ya kalo udah diawasi OJK dan BEI.

Kelebihan Aplikasi InvestasiKu
Ada beberapa poin yang menurutku aplikasi InvestasiKu ini jadi menarik, diantaranya :
  • Satu aplikasi untuk beragam pilihan produk investasi mulai dari saham, reksadana, obligasi, dan membuat rencana keuangan
  • Aplikasi InvestasiKu udah terhubung dengan seluruh aplikasi dalam grup perusahaan CT Corp
  • Bonus poin yang bisa ditukar di merchant CT Corp kalo rutin transaksi
  • Dapet kupon potongan belanja
  • Bisa langsung beli produk investasi
  • Buka rekening mudah hanya satu hari kerja

Selain poin-poin diatas, kita juga bisa belajar berinvestasi lewat video di Akademi InvestasiKu. Nah ini nih yang bikin beda, jadi nggak hanya berinvestasi aja tapi juga belajar berinvestasi biar wawasan kita tentang investasi makin luas.

Nah buat kamu yang lebih sering buka media sosial, InvestasiKu ini juga sering banget loh sharing tentang informasi seputar saham setiap hari pukul 08.30 WIB di IG Live akun @InvestasiKu. 

Coba Install Aplikasi investasiKu
Aku coba install dan registrasi aplikasi InvestasiKu yang ternyata cukup mudah. Tahapannya kurang lebih kayak gini :
  1. Install aplikasi InvestasiKu di PlayStore/AppStore
  2. Sign Up dan lengkapi data diri seperti nama lengkap, email, nomor handphone, dan password
  3. Setelah Sign Up berhasil kemudian kembali ke halaman utama
  4. Pada halaman utama, klik ‘portfolio’ kemudian isi data diri yang diperlukan untuk E-KYC (Electronic Know Your Customer)
  5. Beberapa data yang perlu dilengkapi dalam E-KYC ini ada tiga tahapan yakni Validasi KTP, Isi Formulir Pembukaan Rekening Investasi, dan Verifikasi Biometrik
  6. Lengkapi data yang dibutuhkan untuk ketiga tahapan tadi dan ikuti petunjuk pengisiannya
  7. Setelah ketiga tahapan tersebut berhasil kita isi dan data yang dimasukan sudah benar, tinggal tunggu deh nomor SID, Client ID, dan kode referral kita ter-update (ini butuh waktu beberapa saat sih tapi nggak lama kok)
  8. Kalo nomor SID, Client ID, dan kode referral udah ter-update itu artinya registrasi udah berhasil

Jadi...
Menurutku aplikasi InvestasiKu ini merupakan aplikasi investasi yang menarik dan aman sih. Karena selain udah terdaftar dan diawasi OJK, kita juga bisa sekaligus belajar mengenai investasi di aplikasi tersebut. Terus saat mau mulai berinvestasi juga ada banyak pilihan jenis investasi dalam satu aplikasi, jadi praktis banget.

Sambil terus memperdalam ilmu tentang investasi, aku bisa sambil mulai nentuin juga nih jenis investasi yang cocok untuk kemampuan keuangan dan tujuan  keuangan aku. Belajar sambil nentuin jenis investasinya praktis dalam satu aplikasi aja di aplikasi InvestasiKu. 

32 komentar:

  1. Pentingnya literasi tentang investasi. Jika sudah kenal, bisa langsung berinvestasi di aplikasi InvestasiKu.

    BalasHapus
  2. pertama kali kerja, saya bisa mmembeli nasi bungkus lengkap dengan ayam dan sayuran hanya Rp 500 lho

    sekarang? Walah Rp 15.000 mungkin

    karena itu penting banget untuk investasi

    BalasHapus
  3. Inflasi di tiap tahunnya memang gak bisa dielakkan sih ya. Makanya harus punya instrumen keuangan yang baik

    BalasHapus
  4. Keren nih aplikasi lengkap dan bermanfaat buat yg masih awam soal investasi macam aku. Pake investasi ju dha pasti aman dan byk keuntungan jga yaa

    BalasHapus
  5. Tapi memang di dunia serba digital seperti saat ini kita harus melek investasi. Dan sekaligus menghindari investasi bodong agar tidak terjebak di dalamnya. Untungnya aplikasi seperti investasiku ini benar-benar membuat para pengguna jadi lebih nyaman dalam memilih produk investasi.

    BalasHapus
  6. InvestasiKu juga mudah buat akunnya dan navigasinya aman untuk investor pemula

    BalasHapus
  7. kebetulan banget nih aku lagi pengen investasi dan mencoba belajar investasi. karena ngerasain banget kalau investas ini perlu banget. investasiku aku lihat sih lebih mudah dan lebih aman ya, bisa sekalian belajar dan memantau perkembangan investasi yang dipilih juga

    BalasHapus
  8. Penting sekali nih, memastikan apakah aplikasi tersebut sudah diawasi OJK atau belum. Agar kita tidak dirugikan dalam berinvestasi. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  9. enakk dan praktis ya jadinya bisa belajar dulu sebelum terjun investasi, dan relatif aman nih karena bisa mulai investasi gocengan doang buat belajar sampe paham dan punya ilmunya

    BalasHapus
  10. Waaah menarik sekali aplikasi ini, swmoga bisa menjadi jalan investasi bagi para pemula

    BalasHapus
  11. Investasi memang penting. Namun, yang tak kalah penting memilih jenis investasi yang sesuai. Bisa nih, jadi salah satu alternatif pilihan.

    BalasHapus
  12. Bener banget buat orang seperti saya yang masih awam dengan dunia investasi cukup mengenal dan mempelajari saja dulu mengenai investasi.

    BalasHapus
  13. Baru tahu banget dengan kupasan ini

    BalasHapus
  14. Kalau sudah seperti ini jadi aman ya mau investasi digital pun

    BalasHapus
  15. Wah. Zaman sekarang investasi ternyata bisa via aplikasi juga ya?

    BalasHapus
  16. Keren ulasannya
    Jadi bisa buat pertimbangan pemilihan investasi

    BalasHapus
  17. Wah menarik nih ada fitur untuk kelola uang juga ya di aplikasi investasiku

    BalasHapus
  18. "Berinvestasi bukan karena ikut-ikutan trend atau biar dibilang keren tapi karena memang ada tujuannya" aku sepakat banget sama ini. Ah ya, satu lagi,sebaiknya tau untung dan risiko sebelim milih satu investasi

    BalasHapus
  19. aplikasi investasiku membantu bagi kita yang mau berinvestasi ya, dipantau OJK pula

    BalasHapus
  20. Aku jg kemarin ikutan investasiku ini banyak edukasi soal investasi yg bisa kita pelajari di sini ya mba

    BalasHapus
  21. Sekarang memang banyak sekali produk investasi ya, mba, tinggal kitanya sja yg harus bijak memilih. Thnkyou for sharing, mba

    BalasHapus
  22. Wah, saya termasuk yang harus belajar banyak tentang investasi nih. Boleh lah pakai aplikasi ini yaa. Emang sepenting itu sih berinvestasi. Terima kasih

    BalasHapus
  23. Makin ke sini makin banyak yaa aplikasi investasi. Apapun itu aplikasinya, pastikan bahwa aplikasinya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK yaa. Jangan sampai belakangan baru panik kalau ada apa-apa..

    BalasHapus
  24. Aplikasi InvestasiKu ini aman banget akrena udah terdaftar OJK. Cocok buat pemula yang pengen belajar investasi saham juga. Praktis dan ada banyak video panduannya buat belajar.

    BalasHapus
  25. hiks aku jadi kepikiran dulu dikaish saku 500 rupiah udah cukup saat ini uang 500 cuma dapat permen atau krupuk. ya betapa uang mengalami banyakpenuruan nilai. dan betul investasi menjadi jalan untuk menjaga nominal kita ya

    BalasHapus
  26. saya juga menggunakan aplikasi investasiku ka, lumayan banget banyak ilmu yang didapat diaplikasinya, karena diaplikasinya banyak materinya

    BalasHapus
  27. ia..buka rekening di investasiku gampang banget
    saya juga udah daftar
    tapi harus banyak belajar lagi nih biar siap mental untuk dapat untung atau siap rugi jika nilai investasi menurun

    BalasHapus
  28. Pake InvestasiKu bisa tenang dalam berinvestasi ya. Karena penjaminnya lengkap. Gak usah langsung berharap kaya mendadak, hehe. Yang penting berinvestasi yang sesuai kemampuan di tempat yang tepat

    BalasHapus
  29. Mba, apakah aplikasi investasiku ini sama dengan platform tabungan yang ada di Bank Mega? Karena kan pemiliknya sama-sama CT Corp

    BalasHapus
  30. Keren banget aplikasi investasiku ini. Nggak cuma bisa berinvestasi atau mantau transaksinya, tapi juga dapet ilmu dari video2 dan artikel di dalamnya. Recommended deh ini buat milenial

    BalasHapus
  31. Menyimak pemaparan dari Investasiku bikin semangat berinvestasi ya, Teh? Apalagi ditambah agenda finansial masa depan yang harus menyesuaikan diri dengan kondisi dunia yg makin tidak pasti. Semua harus disiapkan dengan cermat.

    BalasHapus
  32. Masih banyak dan mudah nih aplikasi untuk berinvestasi. Lebih aman daripada investasi yang menjanjikan untung instans

    BalasHapus

[REVIEW] ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare SPF50+ PA++++ : Sunscreen No.1 di Jepang

Setuju nggak sih kalo sunscreen tuh termasuk salah satu tahapan skincare yang penting banget dan nggak boleh dilewatkan? Kalo aku sih setuju...