Rabu, 20 September 2023

Pertama Kalinya Mendaki ke Gunung Prau via Patak Banteng

Tahun 2023 ini rasanya pengen traveling ke berbagai tempat, ke kota udah, ke laut udah, trus tiba-tiba kepikiran pengen ke gunung. Padahal sebelumnya hampir nggak pernah kepikiran masukin ‘mendaki gunung’ ke bucket list-ku. Kenapa? Karena dulu mikirnya mendaki gunung itu kan udah capek, harus persiapan olahraga dulu, barang bawaannya beda dari barang bawaan liburan biasa, sumber mata air cuma ada di titik tertentu, pulangnya kaki pegel pula.

Tahun lalu sempet diajakin temenku yang tinggal di Surabaya ke Gunung Prau tapi sayangnya waktu itu udah masuk musim hujan, jadinya aku mager. Akhirnya temenku tetep berangkat (gabung opentrip dari basecamp Wates), sementara aku rebahan aja di rumah. Mungkin waktu itu hatiku belum terketuk, wkwkwk.

Tahun ini, tepatnya bulan Agustus kemarin aku liat IG story temenku yang udah sering ke gunung (ini temen yang di Bandung, bukan temen yang di Surabaya) ternyata mau ke Gunung Prau juga. Mikir bentar, ya udah ikut aja kali ya? Mumpung ada temenku juga ya kan. Kemudian akhirnya aku daftar juga.


Sebelum ke Gunung Prau, boleh ya aku nostalgia dulu…

Btw, apakah ini pertama kalinya aku mendaki gunung? Kalo yang lokasinya jauh dari rumah, ketinggiannya lumayan (versiku), dan nge-camp di puncak sih iya. Tapi kalo dihitung dengan mendaki gunung ala-ala yang lokasinya deket rumah, sebelum ke Gunung Prau aku pernah ke Gunung Geulis Jatinangor dan Gunung Manglayang. 

Jaman masih SD (esdeee pisan) pernah ke Gunung Geulis Jatinangor yang ketinggiannya kalo info dari Google cuma 1281 Mdpl. Jadi bingung itu gunung atau bukit, tapi disebutnya gunung sih. Waktu itu tektok pergi pagi pulang sore bareng temen-temen madrasah dan guru-gurunya juga. Namanya juga masih SD, jadi rasanya gampang-gampang aja waktu mendaki. Trus beberapa tahun lalu ke Gunung Manglayang bareng temen-temen kerja. Sorenya nge-camp di Barubeureum, besok paginya baru mendaki. Kirain treknya gampang karena ketinggiannya cuma 1818 Mdpl, tapi ternyata lumayan terjal juga. Waktu itu musim hujan pula jadi treknya lumayan licin, ditambah aku pribadi belum persiapan olahraga karena niat ke gunung ini agak dadakan. Nyampe puncak bayangan ternyata ketutup kabut jadi ya udah siangnya langsung turun lagi.


Cukup nostalgianya, yuk kembali ke judul

Bulan Agustus kemarin fix aku daftar ikut ke Gunung Prau. Ini sistemnya opentrip juga, jadi nyaman lah tinggal bawa barang-barang pribadi aja dan berangkat ramean dari Bandung. Kalo nggak salah aku daftar H-5 keberangkatan. Sat set nyiapin barang yang harus dibawa sambil nanya-nanya temenku. Olahraga? Alhamdulillah sebuah kebetulan, waktu itu tiap weekend sebulan terakhir aku udah rutin olahraga. Trus kebiasaanku jalan kaki dari jalan raya ke rumah tiap pulang kerja sejauh 1,5 Km bisa lah ya dihitung sebagai pemanasan, wkwk maksa. 


[Jumat, 11 Agustus 2023] Berangkaaattt

Kamis malah aku udah packing karena Jumat masih kerja full dari jam 08.00-17.00 WIB. Meeting point yang asalnya di Jalan Pasteur Bandung pindah ke RS AMC Cileunyi. Senangnya jadi lebih deket dari rumah. Selesai kerja aku buru-buru pulang ke rumah. Langsung mandi, nyuci dan jemur baju kerja biar pas pulang dari Gunung Prau nanti pikiran tenang karena semua kerjaan rumah udah beres, terakhir mastiin lagi barang-barang yang dibawa nggak ada yang ketinggalan.

Selesai sholat isya langsung menuju RS AMC Cileunyi dan ketemu temenku, trus ngobrol karena kita jarang ketemu. Sampe akhirnya tim opentrip datang dan kita berangkat lewat Jalan Tol Cisumdawu. Ini pertama kalinya aku lewat jalan tol ini. Menahan diri untuk nggak tidur karena pengen ngerasain lewat terowongan kembar yang katanya viral itu, wkwk. Udah ngelewatin terowongan ya udah tidur aja. 

Perasaan sih aku tidur cuma bentar karena sempet beberapa kali kebangun. Tapi ternyata itu perasaanku aja karena nyatanya tidurku lebih nyenyak dibanding yang lain, wkwk. Gapapa lah ya biar pas mendaki besok nggak lemes (alesaaan). Hari berganti jadi Sabtu, menjelang subuh ternyata mobil rombongan satunya ada kendala. Liat kanan kiri ternyata gelap banget dan aku juga nggak tau itu di jalan mana. Liat hape ternyata nggak ada sinyal sama sekali. Nggak ada pilihan lain selain bantu doa sampe kendalanya teratasi.


[Sabtu, 12 Agustus 2023] Pendakian dimulai

sabtu pagi disambut pemandangan secantik ini

Lewat subuh perjalanan dilanjutkan lagi. Matahari mulai menampakan diri dengan cantiknya. Melewati pemukiman dan ladang warga sampe akhirnya tiba juga di basecamp Patak Banteng. Begitu keluar dari mobil langsung kerasa dingiiiiin banget. Langsung gerak-gerakin badan biar nggak kerasa dingin banget, wkwk.

parkir disini, deket sekolah SD ternyata

Kita nggak istirahat di basecamp-nya banget, tapi di warung sebelahnya. Tempatnya luas, kamar mandinya banyak, dan makanan yang dijual pun enak dengan harga wajar. Langsung pesen teh hangat dan nasi goreng buat sarapan. Selesai sarapan diajakin temen liat isi basecamp dan ternyata penuuuh sama para pendaki (ya iyalah, wkwk). Hooo serame ini ya ternyata, baru tau. 

sebelum mendaki abadikan momen dulu dong, nah kita istirahat di warung ini
gerbang basecamp patak banteng

Siang setelah dzuhur kita mulai pendakian. Ternyata dari basecamp ke Pos 1 bisa naik ojek. Jujur awalnya aku niat mau naik ojek dari basecamp ke Pos 1 biar hemat tenaga. Tapi goyah karena ucapan temenku yang katanya kalo jalan kaki bisa ngelewatin tangga warna-warni di pemukiman penduduk. Aku yang pada dasarnya suka penasaran akhirnya memutuskan ikut jalan kaki. Nggak disangka ternyata jalan lewat tangga semen itu pegeeel, wkwk. Hati mulai goyah kembali, apa aku lanjutin naik ojek aja gitu ya? Karena rasanya baru beberapa langkah aja udah nggak kuat, jadi takut ngerepotin yang lain nantinya. Padahal semua temen dalam opentrip ini baik banget loh, Masyaallah. Akhirnya lanjut jalan kaki pelan-pelan sambil atur nafas. Dah lah dibikin enjoy aja, jangan terbebani dengan seberapa cepat orang lain melangkah. Kemudian pas nyampe Pos 1, yeay aku seneng.

foto tangga menuju Pos 1 yang aku potret saat turun, karena pas naik gunung sibuk atur nafas, wkwk
hampir lupa fotoin pos 1 (saung yang ada benderanya)

pemandangan disini jadi penyemangat banget

ada warung antara pos 1 dan pos 2

Istirahat sejenak sambil doa bersama di Pos 1. Kemudian lanjut jalan lagi dan ternyata ketemu tangga lagi, Ya Allah ampuni hambaaa. Antara Pos 1 ke Pos 2 ini ternyata ada warung, istirahat bentar sambil jajan semangka trus lanjut jalan lagi. Nggak lama setelah itu sampe juga di Pos 2. Disini rame banget orang foto-foto, trus di kejauhan nampak gunung lain yang aku nggak tau itu gunung apa. Istirahat sambil menikmati pemandangan dan ikut foto-foto juga dong, haha.

nyampe pos 2

pemandangan dari pos 2

sebenernya mati gaya makanya posenya begini

ngeliat ke atas, Ya Allah tinggi banget kayak ekspektasi manusia, hehe

liat ke bawah, mengapresiasi diri, ternyata aku bisa melewati ini semua

Lanjutin perjalanan lagi dan kalo nggak salah mulai dari sini treknya tanah nggak beraturan dan banyak akar dari pepohonan. Buatku ternyata kalo nanjak lebih mudah yang treknya akar gini daripada tangga dengan catatan nggak terjal, hehe. Agak lupa Pos 3 lokasi tepatnya sebelah mana, mungkin aku terlalu enjoy karena udaranya sejuk, matahari nggak begitu terik karena menuju sore hari, dan yang pasti disuguhkan pemandangan yang bagus banget. Makin atas ketemu tangga lagi dan kali ini tangga batu. Aku nyari jalur tanah dipinggiran tangga aja deh biar nggak pegel. Karena kalo lewat tangga lagi otomatis baru melangkah dikit udah pegel lagi.

sumber mata air ada di titik ini

pos 3, yeayyy

makin tinggi pemandangan makin indah, fix ngobatin rasa cape

Sampailah di Zona Signal, duduk bentar kemudian lanjutin perjalanan lagi. Trek dari sini landai dan ternyata emang udah deket banget ke sunrise camp, senangnyaa. Begitu nyampe atas bingung, ini mana yang katanya pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, dan teman-temannya? Oh ternyata pemandangannya lagi ketutup awan. Tapi sempet kebuka bentar dan keliatan Gunung Sumbing dan Sindoro. 

Jadi selama pendakian ini, aku mah cukup ngikutin temenku dari belakang aja, wkwk. Kalo keliatan di depan sana ada temenku, tenang deh. Tapi kalo kehilangan jejak, aku bingung kayak anak ilang padahal sepanjang jalur pendakian banyak pendaki lain yang bukan satu rombongan tapi kan nggak kenal. 

di depan sana udah sunrise camp, alhamdulillah

pemandangan sore ketutup awan

Kita nggak nge-camp diatas banget karena katanya biar nggak terlalu kena angin, okelah sip setuju. Aku nggak banyak ngelakuin apa-apa sih setelah itu. Karena hari mulai gelap dan udara makin dingin. Jadi begitu tenda berdiri, langsung masuk aja karena kalo lama-lama diluar dingin juga. Untuk makan malam yang nyediain dari pihak opentripnya, jadi peserta tinggal makan aja, hehe. Mungkin karena cape, nggak lama dari itu kita langsung tidur. Sebagai pemula yang belum tau medannya, sebenernya aku sempet deg-degan takut hipotermia karena perlengkapan yang aku bawa menurutku seadanya, tapi alhamdulillah aman sampe pagi.

rombongan kita ada 4 tenda sebenernya, yang atasnya kuning tenda yang kutempati


[Minggu, 13 Agustus 2023] Pulang

Sekitar jam 04.30 WIB aku kebangun gegara ngerasa dingin dan nggak bisa tidur lagi, tapi mau keluar tenda pun rasanya mager. Akhirnya bebenah aja buat main ke atas liat pemandangan. Mungkin tubuh juga udah menyesuaikan ya, aku ngerasa suhunya lebih dingin waktu di basecamp kemarin dibanding di sunrise camp. 

pemandangan versi hamparan tenda (yang sebenernya dibelakangku ada lebih banyak tenda lagi)

pemandangan versi ada akunya, wkwkwk

siluet para pendaki nun jauh disana

Pemandangan dari sunrise camp bagus banget. Nampak jelas Gunung Sindoro dan Sumbing serta dari kejauhan Gunung Merbabu dan Merapi. Hamparan tenda para pendaki berwarna-warni baik yang ada di sekitar maupun yang ada di kejauhan. Nggak lupa abadikan momen dengan foto-foto, hehe. Selesai foto-foto dan menikmati pemandangan, aku dan temen-temen balik ke tenda buat sarapan. Abis sarapan lanjut packing untuk persiapan turun. Eh ternyata sebelum turun kita makan bakso dan sup buah dulu, kenyang banget ini mah. 

sarapan dulu, rendangnya enak banget

makanan sebelum turun gunung

Sebelum dzuhur peserta cewek turun duluan. Nah kalo turunnya, di trek akar agak bikin deg-degan ternyata, wkwk. Btw, turun gunung ketika matahari mulai naik lumayan juga ya, wkwk. Begitu nyampe warung samping basecamp bingung, temenku yang udah jalan duluan tadi mana? Taunya lagi beli oleh-oleh dulu, haha kenapa aku nggak liat ya. Mumpung masih sepi aku langsung bersih-bersih dan beresin isi tas. Nyempetin beli oleh-oleh khas Dieng juga, manisan carica dan keripik carica (tapi lupa nggak aku foto). 

foto dari belakang biar keliatan beban hidupnya, eh beban ranselnya

Setelah semuanya siap, akhirnya menjelang sore kita pulang menuju Bandung lewat jalan yang sama dengan saat berangkat. Sempet berhenti juga di rest area dan aku malah jajan es kopi, alhasil melek lah sampe Bandung, wkwk. 

mampir kesini sebagai tanda, "aku pernah ke dieng"

Sampe Bandung aku dan temenku turun di Cileunyi dan pulang ke rumah masing-masing. Sekitar pukul 01.00 WIB dini hari aku nyampe rumah. Masih kena efek kopi akhirnya aku putuskan untuk nggak tidur. Trus ngapain? Aku unpacking, beberes, liat-liat foto selama pendakian, nyuci baju kotor yang aku pakai selama pendakian, dan siap-siap berangkat kerja. Yups, hari seninnya aku tetep kerja dong. Di kantor otomatis ngantuk, maka kopi adalah jalan ninjaku, wkwk. Btw, kaki apakabar? Kerasa pegel pas turun tangga kantor aja sih, pas jalan biasa nggak terlalu. Kerasa pegelnya sampe hari Rabu aja, alhamdulillah.

terimakasih sepatu dan trekking pole, yuk kita kemana lagi

Ternyata seru juga ya mendaki gunung, jadi nagih tapi untuk yang treknya ramah pemula aja dulu deh. Selama pendakian emang rame banyak orang, tapi feel-nya beda dengan rame di perkotaan. Jadi buatku yang waktu itu lagi lumayan penat dengan realita kehidupan, keputusan untuk mendaki gunung adalah keputusan yang tepat sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lima Tantangan Ramadan yang Ingin Aku Jadikan Kebiasaan

Tiap bulan ramadan tiba rasanya senenggg banget. Seneng karena masih diizinkan Allah SWT ketemu sama bulan ramadan lagi. Waktu bergulir, kir...