Minggu, 25 Juni 2023

[TRAVELING ON BUDGET] Main ke Semarang, Jepara, dan Karimunjawa

Berawal dari meet up bareng dua temen SMA-ku waktu akhir tahun 2022 lalu, muncul deh niat pengen traveling lagi.  Buka kalender nyari tanggal merah yang deketan sama weekend biar bisa main sepuasnya tanpa harus ambil cuti/izin lama. Awalnya mau tanggal 18 Mei yang artinya aku harus izin bolos kerja tanggal 19 Mei-nya. Tapi ternyata ditanggal tersebut salah satu temenku nggak bisa ambil cuti. Akhirnya kita mundurin ke tanggal merah lainnya yaitu 1 Juni yang ternyata tanggal 2 Juni-nya cuti bersama, sementara 3-4 Juni memang hari libur karena jatuh dihari Sabtu dan Minggu. Yeay, alhamdulillah berarti bisa traveling tanpa harus izin bolos kerja.

Setelah mempertimbangkan beberapa tempat, akhirnya kita putuskan untuk traveling ke Karimunjawa. Trus karena rute-nya lewat Semarang dan Jepara, jadi aku rencana sekalian aja main di Semarang dulu satu hari, sementara di Jepara main bentar sambil lewat. Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, sekali jalan sekalian main ke tiga tempat.

Aku dan satu temenku berangkat dari Bandung, sementara satu temenku lagi berangkat dari Surabaya. Singkat cerita, ternyata temenku yang dari Bandung nggak bisa ikut karena suatu alasan. Jadinya aku berangkat sendiri dari Bandung nyampe Semarang. Main dulu sendiri satu hari di Semarang trus malamnya ketemu temenku yang dari Surabaya untuk berangkat bareng menuju Karimunjawa lewat Jepara. Oh ya, selama di Karimunjawa kita ikut opentrip biar praktis.

Btw, cerita tentang satu hari di Semarang udah aku tulis DISINI, dan cerita tentang tiga hari dua malam di Karimunjawa juga udah aku tulis DISINI. Jadi di postingan ini aku mau cerita tentang budget akomodasi dan beberapa kuliner yang aku habiskan. Sementara untuk jajan dadakan alias impulsive hanya akan aku sebutkan totalannya aja. Oke, Ready?

Rabu, 31 Mei 2023 jam 17.00 WIB sepulang kerja aku langsung berangkat ke Stasiun Bandung. Naik Damri dari Cileunyi ke Moh.Toha dulu dengan ongkos Rp 4.900, disambung naik ojek online dari Moh.Toha ke Stasiun Bandung dengan ongkos Rp 15.000. Sebenernya bisa aja dari kantor langsung ke Stasiun Rancaekek trus naik kereta dan turun di Stasiun Bandung. Tapi waktu itu jadwal kereta dari Stasiun Rancaekek terlalu mepet dan aku takut telat.

sampe di Stasiun Bandung sholat maghrib dulu, jajan karena lagi gak mau makan berat, siap berangkat naik kereta Harina

Jam 20.25 WIB aku naik kereta Harina dari Stasiun Bandung dan akan turun di Stasiun Semarang Tawang. Booking tiket keretanya di KAI Access satu bulan sebelum keberangkatan biar nggak kehabisan dan bisa milih harga yang termurah. Tapi karena waktu itu sempet galau, akhirnya aku dapet tiket kelas ekonomi dengan harga Rp 255.000, agak mahal sih. Kamis, 1 Juni 2023 jam 03.42 WIB aku nyampe di Stasiun Semarang Tawang. Alhamdulillah ada Masjid Al-Istiqomah di area stasiun jadi aku bisa istirahat, mandi, dan siap-siap secara gratis. Eh tapi meskipun gratis, saranku tetep ngasih infaq dan agak digedein ya. Anggap sebagai ucapan terimakasih kita karena di masjid ini aman dan nyaman.

Stasiun Semarang Tawang dan Masjid Al-Istiqomah

Jam 06.00 WIB udah jalan nyari sarapan yang ada di list kulinerku yaitu Lumpia Gang Lombok. Harga satuannya Rp 20.000, aku pesen lumpia goreng dan lumpia basah jadi totalnya Rp 40.000. Segini kenyang banget loh ternyata. Lanjut liat Klenteng Tay Kak Sie yang lokasinya disamping Lumpia Gang Lombok banget. Karena cuma liat dari luar, jadi aku nggak tau kalo misal masuk ke dalamnya ada tiket atau nggak.

sarapan Lumpia Gang Lombok dan liat Klenteng Tay Kak Sie

Trus jalan kaki ke Kampung Batik Gedong Semarang, kesini gratis karena jalan kaki dan nggak ada tiket masuk karena ini perkampungan. Selesai liat-liat Kampung Batik Gedong, jalan kaki lagi ke Kota Lama Semarang. Kawasannya mirip Braga kalo di Bandung, jadi gratis. Selama di Kota Lama Semarang ini, puas-puasin deh liat dari ujung ke ujung karena estetik banget.

ke Kampung Batik Gedong Semarang lewat Jalan Pekojan, trus ke Kota Lama Semarang

Sebagai pecinta kopi aku pengen banget ke Dharma Boutique Roastery, tapi sayangnya waktu itu mereka tutup karena bertepatan dengan tanggal merah. Padahal kalo seandainya bisa kesana, pengen banget liat proses pengolahan kopi secara langsung. Akhirnya list kuliner ngopi berpindah ke Tekodeko Koffiehuis, aku beli Es Kopi Cheng Li dengan harga Rp 31.000.

Tekodeko Koffiehuis

Hari mulai siang, aku putuskan lanjut ke Museum Kota Lama yang tiket masuknya gratis. Worth it banget deh ke museum ini, udah gratis, informatif pula guidenya. Lanjut lagi ke Semarang Contemporary Art karena pada dasarnya jiwaku memang pecinta seni, halah. Tiket masuk Semarang Contemporary Art ini Rp 25.000.

Museum Kota Lama dan Semarang Contemporary Art

Udah tengah hari dan mulai lapar, aku pengen makan Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Satu porsi nasi goreng babat Rp 25.000, porsinya cukup kalo buat cewek, hehe. Lanjut sholat dzuhur di Masjid Agung Kauman Semarang dengan berjalan kaki. Selesai sholat dzuhur, lanjut ke Lawang Sewu naik ojek online dengan ongkos Rp 8.000. Nyampe di Lawang Sewu, bayar tiket masuk Rp 20.000.

makan siang Nasi Goreng Babat Pak Karmin, trus ke Masjid Agung Kauman Semarang dan Lawang Sewu

Nggak terasa udah sore padahal langit masih panas banget. aku putuskan untuk lanjut ke Masjid Agung Jawa Tengah naik ojek online dengan ongkos Rp 12.000. Di masjid ini akhirnya aku ketemu temenku yang dari Surabaya. Sebelum melanjutkan perjalanan, diluar masjid kita liat ada menara. Hmm, kepo nih pengen ke atas juga. Kalo mau ke atas menara ini tinggal bayar tiket Rp 10.000 dan kita bisa liat pemandangan Kota Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah dan pemandangan dari atas menara

Lanjut ke pull travel Daytrans Karang Ayu naik taksi online dengan ongkos patungan bareng temenku, jadi masing-masing bayar Rp 17.500. Karena belum makan malam, jadi jajan bubur kacang ijo dulu di seberang pull travel dengan harga Rp 7.000 aja. Trus naik travel Daytrans dari Semarang ke Jepara dengan tiket Rp 65.000 yang udah kita booking jauh-jauh hari (hampir barengan sama booking tiket kereta) karena kalo bookingnya ngedadak pasti kehabisan. Booking travel ini kayaknya bisa di website Daytrans atau di Redbus. Nyampe Jepara jam 00.00 WIB lanjut numpang tidur dan besok subuhnya mandi di masjid deket Pelabuhan Jepara. Jangan lupa infaq lagi yaa.

makan bubur kacang ijo di seberang pull Daytrans Karang Ayu, naik travel nyampe di Pelabuhan Jepara numpang tidur di masjid area Pantai Kartini

Jumat, 2 Juni 2023 jam 5.30 WIB ketemu orang dari opentrip untuk ngambil tiket kapal. Aku ikutan opentrip dari Tim Visit Karimunjawa (@karimunjawaopentrip) dengan paket Homestay Fan seharga Rp 795.000 selama tiga hari dua malam (3D2N) yang meeting point-nya di Pelabuhan Jepara. Sedikit review jujur nih (bukan endorse, haha), pertimbangan milih opentrip ini karena dari tiga opentrip yang kita hubungi, opentrip ini paling fast respon. Jadi nggak bikin kita deg-degan apalagi buat aku yang baru pertama kali ikutan opentrip. Semuanya diurusin sama mereka mulai dari booking tiket kapal, penginapan, makan, tiket masuk tempat wisata (kecuali penangkaran hiu), guide, dokumentasi, dan lain-lain).

Waktu itu pembayaran paket opentrip bisa dibagi dua kali. Pertama transfer waktu di awal kita deal ambil paket untuk dua orang, sementara pelunasannya cash waktu ketemu di Pelabuhan Jepara saat keberangkatan. Paket yang kita ambil udah lengkap banget sih menurutku, detailnya berikut ini.

rincian paket Homestay Fan 3D2N yang aku ambil

Ada banyak paket yang tersedia sih sebenernya, tapi kita menyesuaikan dengan budget dan waktu yang kita punya makanya kita pilih paket yang harga Rp 795.000 ini. Kalo misal temen-temen pengen yang perjalanan lautnya cepet, bisa pilih paket yang pakai kapal Bahari Express. Itu lama perjalanannya cuma 2-2.5 jam aja (dibanding kapal feri Siginjai yang kita naiki lama perjalanannya 4-4.5 jam), tapi udah pasti harga paketnya pun lebih mahal. Atau pengen yang penginapannya ber-AC bisa juga, tapi kalo aku karena kebanyakan waktu disana eksplor keluar, jadi penginapan yang pake kipas angin aja pun udah cukup.

Selama di Karimunjawa aku cuma keluar uang Rp 30.000 untuk tiket penangkaran hiu. Nggak jajan juga karena selain nggak niat jajan, aku perhatiin emang nggak terlalu banyak yang jualan juga. Jadi aku nggak tau harga makanan di Karimunjawa termasuk mahal atau nggak. Tapi banyak yang bilang sih murah-murah.

Di Karimunjawa main ke Pantai Bobby, Monumen Karimunjawa, Bukit Love, liat Alun-alun Karimunjawa, spot snorkeling ikan nemo, Pulau Menjangan Besar, spot snorkeling habitat terumbu karang, Pantai Tanjung Gelam barengan sama peserta lain yang ikut opentrip juga. Tapi pas main di lokasinya bisa bebas semau kita nggak mesti barengan banget. Oh ya, itinerary selama di Karimun Jawa terbilang santai sih menurutku. Nggak terburu-buru dari satu lokasi ke lokasi lain. Jadi kita bisa bener-bener menikmati suasana dan pemandangan di setiap lokasi wisata. Sabtu pagi sebelum dijemput tim opentrip aku malah sempet jalan-jalan bareng temenku ke pelabuhan kecil tempat perahu bersandar dan liat sunrise.

destinasi wisata hari pertama : wisata darat
destinasi wisata hari kedua : wisata laut

Katanya kalo ke Karimunjawa disarankan perhatikan bulan-bulan aman untuk cuaca dan gelombangnya. Karena kalo misal cuaca lagi buruk dan gelombang tinggi biasanya jarang ada kapal yang bersandar di dermaga, yang artinya bisa aja kita kejebak nggak bisa pulang untuk beberapa hari. Kemarin waktu awal Juni aku kesana alhamdulillah cuaca lagi bagus banget.

Oh ya, di Karimunjawa ada masjid (aku lupa namanya) dengan menara tinggi warna hijau deket penginapanku. Sekilas aku liat waktu itu kayak ada beberapa backpacker yang lagi istirahat. Mungkin masjid tersebut bisa digunakan sama para backpacker juga, sama halnya dengan masjid yang ada di area Stasiun Semarang Tawang dan masjid area Pantai Kartini.

Minggu, 4 Juni 2023 jam 05.00 WIB kita udah siap pulang dan dijemput menuju Pelabuhan Karimunjawa. Ketemu orang dari opentrip untuk ngambil tiket kapal trus naik kapal feri Siginjai lagi. Alhamdulillah banget kali ini penumpang kapal nggak sebanyak kayak waktu berangkat. Jadwal keberangkatannya pun terhitung ontime.

nyampe di Pelabuhan Jepara sholat dzuhur dulu, makan siang lontong pecel, trus main setitik liat Pantai Kartini

Jam 11.30 WIB udah sampe Pelabuhan Jepara, sholat dzuhur di masjid trus makan siang di sekitaran masjid. Aku beli lontong pecel Rp 10.000. Karena masih ada waktu, kita main di sekitaran Pantai Kartini dulu. Trus ke Kura-kura Ocean Park yang ternyata isinya akuarium semua. Masuk sini bayar tiket Rp 17.500. Buatku pribadi ternyata agak kurang menarik sih, hehe.

Kura-kura Ocean Park

Jam 14.00 WIB kita menuju pull Daytrans Jepara dengan berjalan kaki dari Pelabuhan Jepara. Lumayan lah nggak jauh nggak deket. Nyampe pull travel kita nunggu jadwal keberangkatan sambil istirahat. Harga tiketnya Rp 55.000, nggak paham kenapa harganya beda sama waktu berangkat. Oh ya, booking travelnya barengan sekalian sama booking tiket berangkat.

Nyampe Semarang jam 18.00 WIB, disini aku pisah sama temenku untuk menuju kota masing-masing. Aku langsung naik ojek online menuju Stasiun Semarang Tawang dengan ongkos Rp 12.000. Sholat maghrib di masjid area stasiun dulu. Trus karena jadwal keretaku masih lama, akhirnya aku putuskan untuk keliling Kota Lama Semarang lagi sambil nyari makan malam. Nyobain Bakmie Jowo Bang Tono yang aku temukan dari google maps, aku pesen Mie Godhok Rp 17.000 dan es jeruk Rp 5.000.

mengisi waktu dengan keliling Kota Lama Semarang di malam hari, dan mengisi perut dengan makan Mie Godhok

Jam 21.30 WIB aku putuskan ke stasiun, nunggu kereta datang yang jadwalnya jam 22.15 WIB, haha. Oh ya, booking kereta selalu sebulan sebelum keberangkatan juga. Inget banget waktu itu check out jam 00.00 WIB, alhamdulillah yang ini dapet tiket yang harga Rp 190.000.

Senin, 5 Juni 2023 jam 05.30 WIB nyampe Stasiun Bandung. Langsung pesen ojek online menuju Halte Damri Moh.Toha dengan ongkos Rp 13.000. Trus naik Damri ke Jatinangor dengan ongkos Rp 4.900. Lanjut naik ojek online lagi ke rumah Rp 9.000. Dari Stasiun Bandung sebenernya bisa aja naik kereta lokal ke Stasiun Rancaekek, tapi lagi-lagi jamnya kurang pas. Jadi biar cepet aku naik damri dan ojek online aja karena hari ini aku langsung kerja. Nggak cape? Ya cape lah pasti, tapi aku nggak mau izin bolos kerja, hehe.

Oke, untuk jajan impulsiveku yang isinya snack-snack iseng, kopi botolan, dadakan beli vitamin dari awal berangkat sampe pulang ternyata totalnya Rp 120.000 aja. Setelah aku coba totalin akomodasi, kuliner dan lain-lain, ternyata budget yang aku habiskan masih dibawah budget yang aku persiapkan jadi masih ada sisa. Nah, sisanya biasa aku tabung lagi ke pos tabungan travelingku selanjutnya. 

Dari keseluruhan budget yang aku habiskan dari berangkat sampe pulang, temen-temen bisa sesuaikan lagi kok. Balik lagi ke diri masing-masing, bisa jadi lebih besar, bisa juga di-press jadi lebih kecil. Misal kalo pengen lebih nyaman dari yang aku lakukan, berarti ya budgetnya kemungkinan lebih besar, tapi kalo misal temen-temen punya cara lain biar bisa lebih murah, nggak mustahil kok. Apalagi buat temen-temen yang udah terbiasa backpackeran. 

17 komentar:

  1. Paling seneng baca cerita traveling on budget, kebetulan emang belum pernah ke Semarang dan Karimun Jawa jadi penasaran juga pengen agendain kesana.

    BalasHapus
  2. Paling seneng baca cerita traveling on budget, kebetulan emang belum pernah ke Semarang dan Karimun Jawa jadi penasaran juga pengen agendain kesana.

    BalasHapus
  3. Aku yang tinggal di semarang malah belum pernah ke kampung batik gedong. Karimunjawa bikin mupeeenggg

    BalasHapus
  4. Wah...kulinerannya bikin pingin langsung cuss ke Semarang. Banyak makanan uenak dan cocok di lidah, terutama lumpianya yg kata orang bau Pesing buat aku sedep banget.

    BalasHapus
  5. Mba, kupikir kalau opentrip mesti barengan terus ternyata enggak juga ya, itinerary juga santai ga terburu-buru dari satu lokasi ke lokasi lain. Senang kalau begini jadi bisa menikmati suasana dan pemandangan di setiap lokasi wisata yaaa

    BalasHapus
  6. Terakhir traveling ke Semarang 10 tahun lalu.. sekarang makin banyak berubah ya

    BalasHapus
  7. Ih pingin banget ke Karimunjawa tapi belum kesampaian dan traveling on budget ini bisa jadi inspirasi buat liburan bareng anak-anak, niatnya memang selain ke karimunjawa juga keliling destinasi wisata di Jawa Tengah terutama Semarang tapi nunggu anak-anak libur sekolah dulu soalnya liburan lalu kepending karena harus bayar ini dan itu persiapan tahun ajaran baru.

    BalasHapus
  8. Tempatnya asyik juga ya.. ternyata meminimalisir budget juga bisa ya kalau punya keinginan kuat

    BalasHapus
  9. Wow, seru jalan-jalan ke Semarang dan Karimunjawa ini ya Kak. Saya belum pernah eksplor daerah sini. Semoga someday bisa kemari.

    BalasHapus
  10. Mantap nih itinerary liburannya padat dan seru semuaaa... Jadi kangen ke Karimunjawa lagi nih. Terakhir ke sana tahun 1997 pas cari data untuk skripsi hehehe.... Sekarang udah bagus banget yaaa

    BalasHapus
  11. Traveling memang harus direncanakan dengan baik ya mba biar tetap on budget dan nggak boncos pas dah di tempat wisata. Duh, jadi pengin traveling jg.

    BalasHapus
  12. Wah mantul nih, itinerary nya bisa dicontek untuk trip keluarga. Kalau ke Semarang aku juga nggak pernah absen mampir ke MAJT

    BalasHapus
  13. Wah aku belum sukses menuliskan perjalanan kami tiap jalan2 hanya kesimpen fotonya . Duh jadi pengen ke semarang mih

    BalasHapus
  14. mauuuu bangetttt main ke karimun jawa
    dari dulu mupeng
    semoga ada rezeki cuss sekeluarga k sana

    BalasHapus
  15. Wah, mantap artikel ini
    Aku bisa prepare nih
    Karena emang pengen travelling ke Semarang

    BalasHapus
  16. Cantiik banget Karimun Jawaaa...
    MashaAllah~
    Yang paling asik memang travelling begini, dasdes.. jalan. Bismillah~

    Aku kemarin ke Semarang juga mampir ke Kota Lama.
    Hehhe....jadi pas liat spot fotonya, jadi inget, kami juga maen-maen di cafe yangs sama taah..

    BalasHapus
  17. Wah Kura Kura Ocean Park nih wishlist-nya anak-anak
    Pengen banget ke sana
    Tapi kami nabung buat ke Paris van Java dulu

    BalasHapus

Lima Tantangan Ramadan yang Ingin Aku Jadikan Kebiasaan

Tiap bulan ramadan tiba rasanya senenggg banget. Seneng karena masih diizinkan Allah SWT ketemu sama bulan ramadan lagi. Waktu bergulir, kir...